Berita Terkait
Sungai Raya (ANTARA Kalbar) - Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menegaskan kepada tenaga penyuluh lapangan yang ada di kabupaten itu untuk bisa bersinergi dengan petani dan instansi terkait lainnya dalam menyukseskan program kemandirian pangan.

"Untuk menyukseskan program kemandirian pangan tersebut, diperlukan kesiapan dari semua pihak termasuk petani, penyuluh dan dinas terkait dalam mengelola program tersebut. Hal itu sangat diperlukan karena kemandirian pangan harus jadi prioritas dan agenda daerah Kubu Raya," kata Muda di Sungai Raya, Rabu.

Menurut dia, hal itu perlu dikonkritkan melalui program-program prorakyat yang harus terus dilaksanakan pemerintah bersama masyarakat.

Muda menyatakan ada empat agenda terkait pencapaian kemandirian pangan tersebut. Pertama, pemerintah terus mengembangkan program prorakyat, pengembangan beras lokal Kubu Raya dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara nyata dengan berbagai program-program pro rakyat yang telah berjalan dan terus diupayakan.

"Ini harus dijalankan terus menerus dan harus sukses," kata Muda kepada sejumlah SKPD yang hadir mengikuti upacara rutin Pemkab Kubu Raya setiap tanggal 17 setiap bulan.

Dia juga mengatakan, produksi pangan harus terus ditingkatkan melalui perluasan lahan pertanian dengan bantuan teknologi, mengingat semakin terbatasnya ketersediaan lahan.

"Kalau terwujud, di tahun-tahun mendatang kita akan memiliki kemandirian pangan, dalam arti cukup untuk rakyat, dan kemudian disalurkan ke dunia sehingga dapat meningkatkan perekonomian kita," katanya.

Menurut Muda, komoditas pangan harus tersedia dengan harga terjangkau dan stabil.

"Untuk itu mari kita secara bersama-sama bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing dan kita tingkatkan sinergi antar instansi terlebih instansi yang secara langsung berkaitan mestilah selalu kerjasama dan saling koordinasi," tuturnya.

Dijelaskan Muda perkembangan pangan pada tingkat global harus terus dipantau, sebab dibutuhkan kerjasama dengan instansi-instansi dan masyarakat serta organisasi yang bergerak dibidang pengembangan pangan untuk mencapai tujuan bersama yakni kemandirian pangan.

Untuk itu, lanjutnya, kedepan pihaknya akan terus berupaya mengembangkan perluasan lahan pertanian di Kubu Raya dengan kerja sama bersama kementerian terkait yang juga terus berupaya mengembangkan program ketahanan pangan nasional.

"Dan Kubu Raya merupakan sasaran utama yang dipercaya menjadi daerah pengembangan pangan di Kalimantan Barat," kata Muda.

(pso-171)

Editor: Zaenal Abidin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar