Sungai Raya (Antara Kalbar) - KPU Kubu Raya menegaskan tahap pendaftaran calon bupati dan wakil bupati peserta pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Kubu Raya dilakukan pada tanggal 12 Juni 2013, baik yang melalui jalur perorangan maupun partai politik.

"Tahapan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati Kubu Raya ditetapkan berdasarkan berdasarkan surat keputusan KPU Nomor 02/Kpts/KPU-Kab-019.964931/2013," kata Ketua Divisi Teknis Pemilu, KPU Kubu Raya, Encep Endan di Sungai Raya, Jumat.

Menurutnya, KPU setempat telah menetapkan enam tahapan Pemilu Kubu Raya, yakni penetapan daftar pemilih (pemukhtahiran data dan daftar pemilih), pendaftaran dan penetapan pasangan calon, kampanye, pemungutan suara, perhitungan suara, hingga penetapan pasangan calon terpilih, pengesahan dan pelantikan.

Encep menjelaskan, untuk tahapan pendaftaran pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kubu Raya, baik dari perorangan, partai politik maupun gabungan partai politik, akan dilaksanakan Rabu (12/6).

"Setelah proses pendaftaran tersebut, KPU akan melakukan penelitian syarat calon dan syarat pencalonan serta kelengkapan administrasi bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Kubu Raya 2013. Tahapan ini telah kita tetapkan pada pada 18 Februari lalu," tuturnya.

Setelah melaksanakan penelitian syarat tersebut, tahap selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan rohani dan jasmani bakal calon, yang akan dilakukan oleh tim dokter dan rumah sakit yang akan ditunjuk oleh KPU Kabupaten Kubu Raya.

Kemudian, pada 26 Juni pemberitahuan dan penyampaian hasil penelitian syarat calon dan syarat pencalonan serta kelengkapan administrasi bakal calon.

"Prosesnya masih panjang mulai dari melengkapi kekurangan hingga penelitian ulang," kata Encep.

Dari hasil keputusan rapat KPU itu, Encep menuturkan juga telah ditentukan pelaksanaan pemungutan suara dan perhitungan suara di TPS oleh KPPS, serta rekapitulasi hasil perhitungan suara oleh PPS, PPK, KPU Kabupaten Kubu Raya, yakni pada Kamis (19/9).

"Tahapan-tahapan pada proses pemungutan pun cukup panjang, mulai dari penyusunan, pengumuman dan penyampaian hasil perhitungan perolehan suara pasangan calon di TPS hingga penyusunan dan pengumuman berita acara dan hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara pasangan calon," tuturnya.

Editor: Zaenal Abidin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar