Desa Merbang Belitang Hilir Siap Ikuti Lomba Desa

Camat Belitang Hilir, Kabupaten Sekadau, beserta staf memberikan pengarahan kepada warga Desa Merbang yang aktif bergotong royong untuk mengikuti lomba desa, pada Rabu (17/4). (FOTO ANTARA Kalbar/Arkadius Gansi)

Berita Terkait
Belitang Hilir (Antara Kalbar) - Desa Merbang, Kecamatan Belitang Hilir, bersiap bersaing dengan desa-desa yang ada di Kecamatan Belitang Hilir dan lainnya untuk maju mengikuti lomba desa se-Kabupaten Sekadau, yang tampak dari kesiapan warga setempat dalam bergotong royong membersihkan kawasan pemukiman dan kantor desa yang baru diresmikan Bupati Sekadau beberapa waktu lalu.

Camat Belitang Hilir Paulus Misi didampingi Sekretaris Camat Yosef Ladja Budi dan staf kantor camat Aloysius Gunting dan Hermanus meninjau kesiapan Desa Merbang  yang memiliki julukan lumbung padi Kecamatan Belitang Hilir tersebut pada Rabu.

Mereka disambut warga yang sedang bergotong royong dan melakukan persiapan yang sudah selesai, seperti kantor desa yang berwarna krim baru itu sudah lapang dan bersih, dan rumput-rumput sudah dipotong dengan tertata rapi.

"Di sini kegiatan seperti ini dilakukan harian, dan bersifat gotong royong, karena warga di sini  masih sangat tinggi sikap proaktifnya. Sangat senang mendengar desa kami layak ikut lomba desa, artinya desa kami maju dan layak berlomba. Menang atau tidaknya, yang jelas ini sebuah prestasi bagi desa kami bisa tampil mengikuti lomba desa," ungkap warga Desa Merbang, Tarsisius Yunarto.

Begitu orang luar menjejakkan kaki pertama kali di Desa Merbang atau lebih jauhnya ke arah Trans SP I Merbang, maka mata orang akan dimanjakan oleh hamparan sawah yang luas serta pemandangan hijaunya padi membuat orang merasa berada jauh dari hiruk pikuknya kota.

Camat Belitang Hilir ketika sampai di Trans SP 1 Merbang  mengakui, walau sudah beberapa kali berkunjung ke desa ini dirinya tetap merasa kagum dengan pemandangan hamparan sawah milik warga desa Merbang ini. Padi  yang tumbuh subur  selalu membuat pesona tersendiri bagi orang yang memandangnya.

"Tingkatkan semangat gotong royong yang sudah tertanam dengan baik disini, seperti yang kita lihat sekarang. Jangan khawatir, karena bukan mencari menang dan jangan takut kalah tapi berusaha lah menjadi yang terbaik. Kesiapan warga menjadi nomor satu alasan desa ini diikutsertakan dalam lomba desa. Banyak hal yang dilombakan, seperti administrasi desa, kesiapan warga, pertanian, peternakan dan juga kebersihan lingkungan desa, bukan cuma kantor desa. Desa Merbang ini menjadi lumbung padi kecamatan dan sikap proaktif masyarakat desa tentulah menjadi motivator desa ini," lanjutnya.

Misi melanjutkan, selain lomba desa dalam waktu dekat, pada tahun depan akan diadakan pemilihan caleg sebagai wakil rakyat di Sekadau dan tetap jaga ketentraman serta kerukunan yang sudah terjaga selama ini. Desa ini dengan apa yang sudah dilakukan warganya tentulah menjadi indikator desa yang maju nantinya.

"Berbeda suku bangsa di Desa Merbang ini menjadi salah satu nilai tambah yang tinggi karena selama ini hubungan yang harmonis, sikap proaktif antar warga menjadi modal desa ini bisa maju. Pelangi itu indah karena  warna nya dan itu adalah contoh dari keberagaman suku bangsa yang ada di suatu tempat. Berjuanglah dan berusahalah mempertahankan nilai-nilai sudah tertanam dan terjalin dengan baik disini,"  lanjutnya.

Sementara itu Sekertaris Desa Merbang Herianto menyampaikan, ini sebuah lomba, kalah menang itu biasa, dan harus ada yang kalah dan harus ada yang menang. Jangan kecewa dengan nilai bila kurang baik, karena itulah yang kita capai dan jangan berbangga bila dapat nilai yang baik karena ini sebuah prestasi atas gotong royong semua warga, bukan prestasi pribadi, karena ini desa.

Editor: Zaenal Abidin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar