Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 11.406 orang calon mahasiswa baru mengikuti tes seleksi bersama mandiri perguruan tinggi negeri (SBMPTN) yang dimulai sejak Selasa ini dan akan berakhir Rabu (20/6).

"Berdasarkan data calon mahasiswa baru yang mendaftar, jumlahnya mencapai 11.406 peserta. Namun, kita belum mengetahui berapa banyak peserta yang mengikuti tes hari ini, karena kita belum melakukan akumulasi data peserta," kata Kabag Pendidikan dan Kerjasama Universitas Tanjungpura Pontianak, Ida Fitria di Pontianak, Selasa.

Dia menjelaskan, dari 11.406 orang peserta yang terdaftar tersebut dibagi dalam  kelompok Saintek sebanyak 2.954 peserta, Soshum 4.545 peserta, dan campuran sebanyak 3.907 peserta.

Jumlah peserta tersebut belum termasuk cadangan pendaftar program ADIK3T Kalbar Saintek sebanyak 110 peserta, Soshum 61 peserta, dan kelompok campuran 64 peserta. Nantinya, semua peserta yang telah mengikuti tes SBMPTN ini akan memperebutkan 958 kursi di Untan.

Menurutnya, pada hari pertama para mahasiswa baru yang menjadi peserta SBMPTN mengikuti tes potensi akademik (TPA), tes kemampuan dasar umum (TKDU)  dengan mata ujian matematika dasar, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

"Kemudian pada hari kedua yakni tes kemampuan dasar sains dan teknologi (TKD Sanstek) yang terdiri dari mata ujian matematika, biologi, kimia dan fisika serta tes kemampuan dasar sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas mata ujian sosiologi, sejarah, geografi, dan ekonomi," tuturnya.

Ida menyatakan, pada hari pelaksanaan tes tersebut, dari pantauannya di lapangan sudah berjalan dengan lancar. Untuk menghindari adanya permainan joki dalam SBMPTN itu, Untan telah melakukan pemeriksaan ketat terhadap data pribadi peserta, saat akan mulai tes.

"Jadi kami sangat optimis, hal itu bisa dihindari. Dan kita harapkan, sampai pelaksanaan tes terakhir besok, semuanya bisa berjalan dengan baik," katanya.

Sementara itu, salah seorang peserta tes SBMPTN Untan, Fiqie Alfajar yang berniat masuk Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi sebagai pilihan mengaku kesulitan dalam mengerjakan soal tes pada hari pertama ini.

"Saya pasrah saja, karena jujur, soalnya sangat sulit dikerjakan. Tapi saya akan berusaha maksimal agar bisa lulus tes dan  bisa di terima di Untan," katanya.

Editor: Zaenal Abidin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar