Palembang (Antara Kalbar) - Pekan Olah Raga Solidaritas Islam atau Islamic Solidarity Games III yang akan digelar di Palembang, 22 September-1 Oktober 2012, mengusung semangat "go green", dengan melarang kendaraan berbahan bakar bensin memasuki Kompleks Olahraga Jakabaring.

"Pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) akan menyamai SEA Games 2011 yakni tetap tidak mengizinkan kendaraan untuk masuk sehingga area olahraga akan bebas dari polusi dan kemacetan," kata Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Sumatera Selatan Muddai Madang di Palembang, Senin.

Ia mengemukakan, pihaknya akan menyediakan 30 shuttle bus untuk menunjang kelancaran akitivitas atlet dan ofisial serta para suporter (penonton) di dalam area itu.

Jumlah shuttle bus itu lebih banyak dibandingkan saat pelaksanaan SEA Games lalu.

"Shuttle bus berbahan bakar gas ini akan aktif mengitari kompleks karena tiap lima menit sekali terjadi keberangkatan. Jadi, benar-benar akan memperlancar dan mempermudah kebutuhan berbagai pihak tanpa harus menunggu (antri)," katanya.

Ia menerangkan, penambahan bus itu berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan SEA Games tahun 2011 lalu mengingat keberadaan ratusan tukang becak (model transportasi tradisional) yang disediakan dirasakan kurang efektif.

"Pada ISG nanti, sudah diputuskan tidak akan menggunakan becak sebagai atlet transfortasi karena berdasarkan pengalaman sebelumnya  banyak menuai masalah seperti tidak mau mengangkut, meminta bayaran dan lainnya," ujarnya.

Pada perhelatan SEA Games 2011 lalu, Sumsel sebagai penyelenggara terbilang sukses menjadikan Kompleks Olahraga Jakabaring sebagai area "go green" (bebas polusi).

Namun, upaya peduli lingkungan itu menuai keluhan warga yang ingin menonton pertandingan karena alat transportasi yang disediakan yakni becak tidak melayani seluruh pengunjung karena dikhususkan bagi panitia, atlet dan ofisial.

Sebanyak 1.759 orang atlet dan 624 orang ofisial akan ambil bagian pada ISG edisi ke-3 itu yang mempertandingkan 13 cabang olahraga.

Sebanyak 25 negara telah memastikan keikutsertaan, diantaranya Maladewa, Suriah, Oman, Brunei Darusalam, Irak, Sudan, Kuwait, Bahrain, Tunisia, Iran, Gambia, Pakistan, Arab Saudi, Mesir, Yordania, Azerbaijan, Suriname, Mozambiq, Albania, Aljazair, Guyana, Turki, dan Indonesia.

Editor: Zaenal Abidin
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar