Mempawah (Antara Kalbar) - KPU Kabupaten Pontianak menyatakan tahapan Pilkada sudah sampai tahap pendistribusian dan logistik untuk pemilihan dalam pengemasan.

"Untuk logistik Pilkada hampir siap disebarkan, sekarang sedang dikemas dan akan dibagikan baik itu ke panitia pemilihan kecamatan, panitia pemilihan suara maupun ke 500 tempat pemilihan suara yang ada di Kabupaten Pontianak," ungkap Munir Putra, Ketua KPU Kabupaten Pontianak Kamis.

Pelipatan surat suara sendiri tambah Munir, sudah selesai sejak seminggu yang lalu dan sekarang sudah berada di gudang untuk dikemas bersama logistik pemilihan lainnya. Perkembangan kondisi ini yang membuat KPU Kabupaten Pontianak yakin kalau distribusi nanti tidak akan mengalami kendala yang signifikan.

Pengemasan logistik pilkada tidak melibatkan pihak luar hanya pihak internal saja. Itu tidak seperti saat melipat surat suara yang membutuhkan orang dalam jumlah banyak sehingga KPU mempekerjakan tenaga tambahan agar selesai sesuai jadwalnya.

"Kalau melipat surat suara kemarin memang melibatkan banyak orang karena jumlah yang dilipatnya banyak tapi untuk pengemasan ini kita hanya mengandalkan orang dalam saja," kata dia lagi.

Masih kata Munir mulai dari proses pelipatan sampai pengemasan dikawal oleh pihak Kepolisian siang dan malam hari dan ini memang sudah sesuai prosedur yang berlaku.

Panwas pro aktif

Sementara itu Ketua Panwas Pilkada Kabupaten Pontianak Kaharuddin mengatakan pihaknya akan pro aktif  mengawasi pergerakan surat suara dan logistik pilkada lainnya hingga tujuan terakhir.

Meski tidak turut dalam proses pendistribusian secara langsung namun dengan jaringan yang ada dibawah Panwas baik itu pengawas kecamatan maupun pengawas lapangan hal tersebut bisa dilakukan bahkan sampai ketingkat TPS

"Kita akan turut mengawasi proses distribusi selain itu nanti proses pemungutan, penghitungan dan pengembalian logistik Pilkada termasuk pengembalian logistik dan surat suara dalam penghitungan berjenjang mulai dari TPS, PPS, PPK dan KPU Kabupaten," katanya.

Panwas akan bekerja sesuai tugas dan fungsinya agar prosesnya berjalan dengan baik, bersih dan benar dan meminimalisir potensi yang mencederai Pilkada ini, pungkasnya.   

Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar