Jumat, 31 Maret 2017

Bappeda Kalbar - Pelindo II Kerja Sama Bangun Pelabuhan

id Bappeda Kalbar, PT Pelabuhan Indonesia, Pelindo II, bangun pelabuhan laut
Bappeda Kalbar - Pelindo II Kerja Sama Bangun Pelabuhan
Sejumlah kapal pengangkut barang antri untuk melakukan bongkar muat, di Pelindo II cabang Pontianak, Kalbar. (Foto Antara)
Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Barat Ahi mengatakan pihaknya menjajaki kerja sama dengan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II untuk membangun pelabuhan laut dalam di wilayah itu.

"Tahun ini juga kami sudah mendapat sosialisasi dari PT Pelindo II bahwa akan dibangun pelabuhan laut dalam di Kalimantan Barat," katanya saat ditemui di kantornya, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin.

PT Pelindo II telah menemui Gubernur Kalimantan Barat Cornelis pada 22 Januari 2015 untuk melakukan ekspos terkait potensi pelabuhan baru di Kabupaten Mempawah.

"Kemarin di tanggal 22 Januari lalu Direktur Utama Pelindo II sudah melakukan ekspos ke depan bapak gubernur di Pontianak yang menyatakan ini menjadi agenda kita bila mana perlu tahun ini akan "groundbreaking" (terobosan)," ujarnya. 

Rencananya, tahap pertama pembangunan itu akan selesai pada 2017 kemudian diharapkan dapat selesai pada 2020, lanjutnya.

Dengan adanya pembangunan pelabuhan baru, Kalimantan Barat nantinya dapat memiliki dua pintu ekspor dan impor, yakni pelabuhan baru dan jalur darat melalui Pos Pemeriksaan Lalu Lintas Entikong yang juga perlu dikembangkan infrastrukturnya.

Pelabuhan baru ini diperlukan karena Pelabuhan Dwikora yang ada di Pontianak sudah tidak mungkin dikembangkan lagi karena berada di tengah kota yang mana arealnya pun tidak dapat diperluas.

Oleh karena itu, pihaknya mengarahkan pembangunan pelabuhan di Kabupaten Mempawah.

"Pelabuhan ini yang akan dibangun ini mudah-mudahan nanti jadi pembangunannya," harapnya.

Editor: Admin Antarakalbar

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga

Generated in 0.012 seconds memory usage: 0.34 MB