Jumat, 31 Maret 2017

Stan Kalbar Jawara Di Jogja Trade Expo

id Kalbar, JTE, Jogya Trade Expo, Stan Kalbar Jawara Di Jogja Trade Expo
Stan Kalbar Jawara Di Jogja Trade Expo
peta kalbar (www.antarakalbar.com/Edi Supendri)
Pontianak (Antara Kalbar) - Stan Kalimantan Barat mendapat juara pertama pada even Jogja Trade Expo Tahun 2015 yang berlangsung di Jogjakarta.

"Kita sangat bersyukur karena stan Kalbar bisa mendapat juara pertama pada penilaian event tersebut," kata Kadis Perindag Kalbar, Robertus Isdius, yang didampingi oleh Kabid Perdagangan Luar Negeri Sugiri, di Pontianak, Jumat.

Dia menjelaskan, di stan tersebut juga diisi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalbar serta diikuti oleh Dinas Pertambangan dan Energi Kalbar, Dinas Perindagkop Kabupaten Landak, Dinas Perindagkop Kabupaten Bengkayang, Disperindag Kabupaten Kapuas Hulu dan Dekranasda Kalbar.

"Kalbar ikut pameran tersebut dalam upaya mempromosikan produk-produk unggulan daerah Kalbar baik skala nasional maupun internasional," tuturnya.

Produk-produk unggulan ekspor Kalbar yang ditampilkan meliputi hasil pertambangan seperti bauksit dan turunannya, kayu (plywood), karet (crumb rubber), arang bakau, sabut kelapa, biji pinang, carbone active, damar batu, powder coconut, palm kernel dan lain-lain.

Selain itu komoditas khas Kalbar antara lain minuman lidah buaya, ikan bilis, ikan teri, makanan dan minuman dari kelompok UKM serta hasil-hasil kerajinan tenun binaan Dekranasda Kalbar dan kerajinan batu permata yang selalu ramai dikunjungi pengunjung.

"Dari display yang dipamerkan, antusias pengunjung ke stan Kalbar cukup ramai baik hari-hari biasa maupun hari-hari libur," katanya.

Adapun hasil transaksi langsung dari kelompok UKM maupun Dekranasda Provinsi Kalbar berkisar kurang lebih Rp40 juta.

Untuk minuman lidah buaya hasil produksi dari Jetskin Borneo Aloevera terjadi kontrak percobaan untuk mensuplai 500 box ke Restoran Jogjakarta. Sedangkan semua produk yang ditampilkan hampir semua diminati pembeli, dan dilihat dari daftar pengunjung ke Stand Kalbar sebanyak 128 orang yang tercatat.

"Dan diharapkan produk-produk UKM Ekspor Kalbar selalu ditampilkan pada Even-event pameran selanjutnya, hal ini juga untuk mempersiapkan diri dalam kompetisi merebut pasar dalam dan luar negeri dalam menghadapi MEA 2015," katanya.

(KR-RDO/T011)

Editor: Nurul Hayat

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Generated in 0.0078 seconds memory usage: 0.34 MB