Jumat, 31 Maret 2017

Pemprov Kalbar Anggarkan Rp400 Miliar Untuk Jalan

id kalbar, jalan, multiyears, Pemprov Kalbar Anggarkan Rp400 Miliar Untuk Jalan
Pemprov Kalbar Anggarkan Rp400 Miliar Untuk Jalan
Peta Kalbar (www.antarakalbar.com/Edi Supendri)
Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menganggarkan Rp400 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016.

"Anggaran Rp400 miliar itu untuk pembangunan jalan yang dilakukan secara multiyears dan dimulai pada tahun 2016 mendatang," kata Kepala Dinas PU Kalbar, Jakius Sinyor di Pontianak, Kamis.

Dia menjelaskan, anggaran Rp400 miliar tersebut akan digunakan untuk pembangunan tujuh ruas jalan yang menjadi kewajiban dari pemerintah provinsi Kalbar.

Jakius mengatakan, pihaknya menargetkan penyelesaian jalan provinsi pada tahun 2018 sudah bisa dilaksanakan semua, termasuk untuk perawatan jalan dan perbaikan jalan yang rusak.

"Saat ini, kondisi jalan kita sudah 82 persen dalam kondisi mantap dan kita berharap, tahun tahun 2018 kondisi jalan kita sudah 85 persen bagus. Namun, untuk kondisi jalan yang ada saat ini saja kita sudah dirata-rata jalan nasional untuk jalan provinsi," tuturnya.

Dia berharap, dengan dilakukannya pembangunan jalan secara multiyears, kondisi jalan yang ada di Kalbar bisa lebih baik lagi nantinya.

"Kita akan mempercepat pembangunan infrastruktur untuk lebih memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dan ini sudah menjadi komitmen dari bapak Gubernur Kalbar," katanya.

Jakius menambahkan, terkait proyek pembangunan negara, terutama di sepanjang perbatasan, dipastikan sepenuhnya rampung pada akhir tahun ini.

"Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Tahun Anggaran 2015, sudah memperbaiki jalan negara yang rusak selama 20 tahun terakhir sepanjang 41,60 kilometer rute Tayan - Sosok dan Tanjung - Sanggau sepanjang 37,6 kilometer dengan nilai kontrak Rp456,467 miliar di Kabupaten Sanggau.

"Selain itu, untuk pembangunan jalan Nasional yang dilakukan secara multiyears dari APBN, tetap akan dilanjutkan pada tahun 2016 mendatang," katanya.


(KR-RDO/N005)

Editor: Nurul Hayat

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga

Generated in 0.0138 seconds memory usage: 0.34 MB