Sabtu, 29 April 2017

Ribuan Pelajar Kapuas Hulu Ikuti Porseni

id Kapuas hulu, Atlet

Putussibau, Kalbar (Antara Kalbar) - Sebanyak 1.809 pelajar tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama mengikuti pekan olahraga dan seni (Porseni) yang dipusatkan di GOR Uncak Kapuas, di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat sejak 20 hingga 25 Maret 2017.

"Porseni kali ini hanya diikuti tingkat SD dan SMP sederajat, sebab tingkat SMA/SMK sudah kewenangan provinsi,"kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi, Senin.

Menurut Kusnadi Porseni tahun ini diikuti sebanyak 2.336 peserta terdiri dari 1.809 atlet dan 527 official atau guru pendamping.

Ia menjelaskan salah satu tujuan dilaksanakannya Porseni tersebut untuk menumbuhkembangkan bakat prestasi olahraga dan seni pelajar.

"Porseni ini juga melatih untuk bersaing sehat dalam bertanding, mempererat tali silahturahmi serta untuk seleksi atlit berprestasi sehingga dapat mewakili Kapuas Hulu ke tingkat provinsi," jelas Kusnadi.

Sementara itu Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir berharap dengan pelaksanaan Porseni dapat melahirkan atlit yang dapat mengharumkan nama Kapuas Hulu baik di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional.

"Melalui Porseni juga bukan sekedar mengikuti suatu pertandingan namun juga dapat membangun karakter serta akhlak kaum muda khususnya pelajar," kata dia.

Dikatakan Nasir untuk meraih prestasi haruslah dengan kerja keras dan yang terpenting yaitu disiplin.

"Jaga sportivitas dalam bertanding baik sesama atlit maupun para wasit,"tegas Nasir.

Dirinyapun meminta agar dalam pelaksanaan Porseni dilandasi dengan kejujuran baik seleksi administrasi maupun dalam pertandingan.

"Kejujuran dan disiplin perlu ditanamkan sejak dini dengan demikian terlahir atlit yang berprestasi yang bisa menjadi kebanggaan Kapuas Hulu," kata Nasir.

Editor: Teguh Imam Wibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0938 seconds memory usage: 0.34 MB