Kamis, 20 Juli 2017

Kubu Raya Jadikan Ampening Sebagai Sentra Pertanian

id Kubu raya, pertanian, petani
Kubu Raya Jadikan Ampening Sebagai Sentra Pertanian
Petani menanam padi (www.antarakalbar.com / Edi Supendri)


Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya Gandhi Satyagraha mengatakan pihaknya akan menjadikan Desa Ampening sebagai sentra pertanian di kecamatan Terentang, untuk memaksimalkan program ketahanan pangan Kabupaten Kubu Raya.

"Ampening adalah salah satu daerah yang terus dibina dengan program-program pertanian dari pemerintah di Kecamatan Terentang. Daerah lain juga akan terus dilakukan pembinaan guna peningkatan produksi pangan sesuai dengan potensi yang dimiliki di daerah," kata Gandhi di Kecamatan Terentang, Rabu.

Dia mengungkapkan bahwa Ampening Kecamatan Terentang, merupakan salah satu daerah yang terus dikembangkan dan dilakukan pembinaan oleh pemerintah sebagai salah satu daerah penghasil pangan di Terentang.

Dikatakan Gandhi, Ampening memiliki potensi yang sangat baik yang dapat dikembangkan sebagai penghasil pangan khususnya tanaman padi.

Gandhi mengatakan apa yang telah didapat dari hasil panen semester pertama gabah tahun 2017 di Terentang khususnya di Ampening sudah sangat baik.

Namun menurutnya masih dapat terus dikembangkan kedepan, seiring dengan semakin banyaknya bantuan fasilitas pertanian yang diberikan oleh pemerintah Kubu Raya.

"Saat ini panen kita disini sudah sangat bagus dan akan terus kita tingkatkan seiring dengan semakin banyaknya bantuan pertanian yang diberikan pemerintah," tuturnya.

Untuk itu, pihaknya akan terus melakukan pembinaan dan pendampingan untuk mewujudkan swasembada pangan daerah menuju swasembada pangan nasional dapat terwujud.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali mengingatkan agar masyarakat Ampening untuk mensyukuri hasil panen raya yang dilakukan oleh sejumlah kelompok tani dan gabungan kelompok tani yang ada disana.

Rusman Ali menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas panen melimpah yang didapat para petani.

Dia berharap panen dapat ditingkatkan sehingga kesejahteraan masyarakat petani di Kubu Raya dapat terus meningkat.

"Kita bersyukur kepada Allah atas rezki yang diberikan ini, berupa panen yang terus meningkat melalui bantuan-bantuan program pertanian yang kita berikan," katanya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kalimantan Barat Daerah Pemilihan Kubu Raya dan Mempawah, Ujang Sukandar mendukung program peningkatan hasil pertanian yang dilakukan oleh Pemerintah Kubu Raya.

Ujang mengatakan dirinya akan ikut serta memperjuangkan nasib petani Kubu Raya dan kebutuhan petani Kubu Raya pada pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

"Sebagai wakil rakyat di Provinsi sudah menjadi tugas kita untuk menyuarakan serta memperjuangkan kebutuhan petani dalam meningkatkan produksi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat petani di Kubu Raya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat," kata Ujang Sukandar.

Editor: Teguh Imam Wibowo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0208 seconds memory usage: 0.36 MB