Gudang Mebel Keluarga Jokowi Terbakar

Jumat, 27 Juli 2012 9:57 WIB

Sukoharjo (ANTARA News) - Gudang pabrik mebel Rakabu milik keluarga Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) di Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jateng yang terbakar pada Kamis siang juga menghabiskan dua kontainer mebel siap ekspor.

Kebakaran di gudang pabrik mebel Rakabu di Jalan Ahmad Yani, kompleks Perkampungan Industri Kecil (PIK) Pabelan itu juga menghabiskan dua kontainer mebel siap ekspor ke Prancis dan Spanyol, kata pengelola pabrik mebel Rakabu, Wahyu Andriyanto (45), yang juga adik ipar Jokowi.

Menurut dia, dua kontainer mebel tersebut sudah dikemas dan tinggal menunggu waktu pengiriman ke Prancis dan Spanyol, yakni pada tanggal 6 Agustus mendatang.

Namun, kata dia, apa boleh buat kebakaran yang belum tahu penyebabnya tersebut meludeskan semua isi gudang.

Akibat kebakaran tersebut, dia memperkirakan mencapai Rp300 juta hingga Rp400 juta atau tidak seperti diberitakan sebelumnya Rp300 miliar.

Yanuar Subakti selaku pengelola kapas dan kain perca yang ikut ludes terbakar usahanya itu juga mengalami shock berat hingga pesan.

Menurut Yanuar Subakti, dirinya baru tahu setelah dihubungi karyawannya bahwa pabrik mebel milik keluarga Jokowi dan kapas miliknya terbakar.

Pabrik seluas 1 hektare yang terbakar itu semula memang milik Jokowi, tetapi telah dijual kepada Kusumo. Namun, keluarga besar Jokowi masih menggunakan pabrik itu dengan menyewa gudang berjalan satu tahun ini.

Sementara itu, gudang pabrik mebel Rakabu milik keluarga Wali Kota Surakarta Joko Widodo (Jokowi) di Jalan Ahmad Yani, kompleks PIK Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Kamis siang, kebakaran.

Api muncul tiba-tiba dari dalam pabrik mebel Rakabu sekitar pukul 11.30 WIB, dan menghanguskan semua mebel yang sudah dikemas dan siap diekspor.

Sejumlah mobil pemadam kebakaran baik dari Kota Solo dan Sukoharjo berupaya melakukan pemadaman pada lokasi yang di dalamnya sarat kayu dan bahan yang mudah terbakar.

Menurut Joko salah satu karyawan di Kompleks PIK, munculnya api tidak diketahui. Akan tetapi, dari gudang mebel milik keluarga Jokowi itu tiba-tiba keluar asap tebal.

Menurut Wahyu Andriyanto salah satu pengelola pabrik mebel Rakabu, munculnya api tidak diketahui, kecuali tiba-tiba keluar asap tebal saat karyawannya sedang waktu beristirahat.

Menurut Kepala Polsek Kartasura AKP Fahrul Sugiarto menyatakan belum bisa memberikan keterangan penyebab kebakaran tersebut.

Pihaknya masih menyelidik antara lain dengan meminta keterangan para karyawan pabrik mebel tersebut dan kemungkinan mendatangkan tim labfor Polri untuk meneliti penyebab kebakaran.

(B018/D007)

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012

Terkait

Peresmian injeksi bauksit perdana SGAR Mempawah

Selasa, 24 September 2024 13:57
Terpopuler