London (ANTARA Kalbar/AFP) - Olimpiade London dibuka pada Jumat (Sabtu dini hari WIB) dengan upacara pembukaan yang disisipi humor, yang disaksikan 80.000 penonton dan lebih dari satu miliar penonton televisi.

Ratu Elizabeth II dan James Bond, alias aktor Daniel Craig, ditampilkan dalam film melakukan terjun payung dari helikopter menuju Stadion Olimpiade di London Timur, sebelum Sang Ratu menduduki singgasananya dan memicu tepuk tangan keras.

Setelah perencanaan selama tujuh tahun, Olimpiade dibuka secara resmi di stadion baru melalui rangkaian acara yang dirancang oleh sutradara "Slumdog Millionaire" Danny Boyle.

Upacara itu memenuhi janji Boyle untuk memperlihatkan sejarah Inggris dengan sisipan humor, menampilkan masa lalu yang berhubungan dengan pedesaan, sampai masa Revolusi Industri, sebelum akhirnya tiba di masa kini.

Pertunjukan itu bahkan ikut memberi penghormatan pada Layanan Kesehatan Nasional, sedangkan aktor Kenneth Branagh, pengarang "Harry Potter" J.K. Rowling, dan Rowan Atkinson "Mr Bean" semuanya memiliki peran.   

Lebih dari 80 pemimpin dunia dan anggota kerajaan menghadiri upacara pembukaan, sementara itu ibu negara Amerika Serikat, Michelle Obama, yang mewakili negaranya duduk di samping sejumlah selebritis termasuk Angelina Jolie.

Sebelum upacara pembukaan, api Olimpiade telah berlayar menyusuri Sungai Thames di perahu kerajaan, ketika api itu mendekati akhir tur selama 70 hari mengelilingi Inggris dan Irlandia dalam perjalanannya ke stadion.

Sebelumnya Sang Ratu mengatakan kepada para pejabat dan tokoh terkemuka, bahwa masyarakat Inggris telah menyaksikan kemajuan perjalanan api Olimpiade, dengan "kegembiraan yang makin meningkat" di saat Olimpiade semakin dekat.

Saat tirai terangkat, panggung telah terisi oleh para bintang, yakni Usain Bolt, Michael Phelps, dan Roger Federer, yang hadir untuk menyilaukan kompetisi, sedangkan terdapat kelompok pesaing juga bertujuan mendapatkan medali emas.

Dana sebesar 9,3 juta pounds telah dihabiskan untuk membawa Olimpiade ke London untuk ketiga kalinya, dan pertama kalinya sejak 1948.

(H-RF)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012