Sungai Raya, Kalbar, 18/10 (ANTARA) - Bandara Supadio Pontianak ditutup sejak pukul 09.00 hingga 10.30 WIB karena kegiatan simulasi penanggulangan keadaan darurat Avia Khatulistiwa 2012.

"Agar kegiatan ini simulasi ini tidak mengakibatkan hal yang tidak diinginkan dalam dunia penerbangan, makanya kita menutup bandara ini selama satu jam setengah. Hal ini kita lakukan juga berdasarkan ketentuan dari Kementrian Perhubungan, makanya bandara untuk sementara kita tutup dan baru dibuka kembali pada pukul 10.30 WIB," kata General Manajer Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak, Abiyoso di Sungai Raya, Kamis.

Dia menjelaskan, meski ditutup selama satu jam lebih, namun aktivitas penerbangan di bandara itu masih normal pada hari ini. Dimana seperti biasa, Bandara Supadio Pontianak dibuka pada pukul 06.00 WIB dan aktivitas penerbangan dilakukan pada pukul 07.00 WIB.

Abiyoso mengatakan, kegiatan simulasi penanggulangan keadaan darurat, Avia Khatulistiwa 2012, untuk meingkatkan kesiapan petugas di bandara tersebut dalam menanggulangi terjadinya kecelakaan penerbangan.

"Kegiatan ini merupakan agenda rutin kita, dimana kegiatan ini merupakan kali kedua pada tahun 2012 ini. Hal ini kita lakukan untuk melatih kesiapan petugas dalam menanggulangi keadaan darurat, khususnya kecelakaan pesawat," katanya.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan itu pihaknya bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintahan seperti SAR, Dinas Kesehatan, pihak rumah sakit dan beberapa pihak lainnya.

Dalam kegiatan itu, dilakukan simulasi penyelamatan penumpang yang mengalami kecelakaan pesawat. Dari skenario yang dibuat, pesawat dengan muatan 86 penumpang, termasuk dua pilot dan dua pramugari jatuh saat mendarat di Bandara Supadio.

***2***

(U.pso-171/



(U.pso-171/C/T011/T011) 18-10-2012 15:41:02

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2012