Pontianak(Antara Kalbar) - Calon wakil wali kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan akan memfokuskan penataan pasar-pasar tradisional yang ada di kota itu, jika ia dan calon wali kota Pontianak Sutarmidji terpilih, pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Pontianak, 19 September 2013.

"Selain melakukan penataan pasar tradisional kami juga akan menyeimbangkan sebuah pasar tradisional yang dikemas modern dengan mengusung konsep pasar yang bersih dan sehat," kata Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Jumat.

Komitmen tersebut, disampaikan calon wakil wali kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono saat mengunjungi aktivitas pedagang Pasar Kemuning.

Menurut dia, sebuah pasar tradisional dengan konsep modern itu tidak hanya mengandalkan bangunan tetapi unsur terpenting adalah menciptakan pasar yang nyaman bagi pengunjung sehingga betah berlama-lama berbelanja di pasar tradisional tersebut.

"Makanya, saya turun untuk melihat kondisi sebenarnya di pasar-pasar tradisional yang ada di Pontianak. Dari aspirasi yang saya tampung, umumnya masyarakat dan pedagang menginginkan, pasar yang nyaman, aman dan membuat mereka betah saat berbelanja," ungkapnya.

Tentunya kata dia, kebersihan menjadi hal yang paling difokuskan dalam penataan sebuah pasar, seperti konsep hypermart yang mengusung tema pasar tradisional dengan kemasan modern.

"Nah, ini yang ingin kami, mulai dari penataannya, mulai penataan produk yang dijejerkan rapi, sehingga ada pemisahan antara sayur dan mayur, daging, rempah, buah-buahan, sehingga menarik minat pembeli," ujarnya.

Rencana pembangunan itu kata Edi, yang berpasangan dengan Sutarmidji, nanti melibatkan pedagang, dengan harapan keinginan pedagang dalam pembangunan itu bisa disampaikan.

"Kita membangun pasar dasarnya pasti karena ada permintaan dari pedagang dan terutama pengunjung setiap pasar tradisional. Untuk itu, kita minta doanya agar jika saya terpilih itu yang bakal diwujudkan," ungkap pria berkumis tipis ini.

Diakuinya, kerja sama dengan swasta untuk pembangunan pasar, terutama Pasar Kemuning perlu ditingkatkan agar pasar Kemuning menjadi pasar tujuan masyarakat sekitar.

"Ke depan penataan pasar tradisional akan menjadi prioritas kami jika terpilih. Pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Pontianak sangat strategis dan menjadi pilihan warga untuk berbelanja, selain harganya murah, barang dagangan yang dijualpun berkualitas, sehingga tidak kalah dengan barang yang dijual di pasar modern, tinggal penataan lingkungannya saja yang perlu diperbaiki," kata Edi.


(A057/N005)

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013