Jakarta (Antara Kalbar) - Ketua Penyelenggara Indonesia International Motor Show (IIMS) Johny Darmawan mengatakan pihaknya menargetkan 370 ribu pengunjung dalam gelaran ke-21 IIMS yang akan berlasung selama 19-29 September 2013 di Jakarta.

"Target kita 370 ribu pengunjung naik sedikit dari tahun lalu 365 ribu pengunjung," kata Johny Darmawan saat memberikan sambutan dalam pembukaan IIMS 2013 di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, IIMS yang digelar sejak 1986, kini semakin diperhitungkan di kawasan dan menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.

Dalam pameran kali ini, luas lahan yang dipergunakan juga meningkat dari sekitar 70 ribu meter persegi pada 2012 kini mencapai 75 ribu meter persegi.

Pameran yang melibatkan 36 perusahaan pemegang merk kendaraan dan 276 industri pendukung dan lebih dari 300 stan tersebut menurut dia juga menjadi potret perkembangan industri otomotif di Indonesia dan perkembangan perekonomian di negeri ini.

Ia menambahkan, stabilitas ekonomi di Indonesia dan pertumbuhan ekonomi yang positif sdelama ini terus mendorong perkembangan akan permintaan alat trasnportasi mobil dan motor.

Menurut dia, pada 2012 penjualan mobil menembus 1,056 juta unit naik 21 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Sedangkan motor mencapai lebih dari 1,1 juta dan menguasai pangsa pasar penjualan motor di ASEAN denggan 32 persen.

Sementara itu, dalam pameran kali ini para pabrikan kendaraan bermoto mengetengahkan berbagai lini produk mereka. Toyota dan Daihatsu salah satunya mengetengahkan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car) mereka Ayla dan Agya.

Perusahaan asal Jepang lainnya, Honda Motor Co, Ltd, meluncurkan prototipe Honda Mobilio pertama kalinya di dunia yang akan diperuntukan bagi pasar Indonesia.   Mobil segmen LMVP ini akan diproduksi di pabrik baru Honda di Karawang pada 2014 nanti.

Honda dalam pameran ini juga memboyong NSX Concept yuang tampil pertama kali di Kawasan Asia Oceania. Mobil sport berkonsep hybrid yang akan digunakan dalam ajang balap super GT Series pada 2014 mendatang.  Mobil ini sebelumnya tampil perdana di ajang North America International Show 2012 di Detroit Amerika.

Pewarta: Muhammad Arief Iskandar

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013