Sungai Raya (Antara Kalbar) - Menteri Agama Suryadarma Ali dan Menteri Badan Usaha Milik Negera (BUMN) Dahlan Iskan meresmikan Vihara Maitreya Kalimantan Barat yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta Kabupaten Kubu Raya.

"Kedatangan saya ke sini sesuai undangan dari pengurus Vihara ini sekaligus sebagai bentuk dukungan Kementerian Agama RI kepada umat Budha yang ada di Kalimantan Barat," kata Menteri Agama Suryadarma Ali di Sungai Raya, Minggu.

Dia berharap, keberadaan Vihara megah tersebut bisa memberikan manfaat yang besar kepada ummat Budha di Kalimantan Barat untuk terus dapat meningkatkan keimanan dan memberikan kontribusi yang baik bagi perkembangan daerah dan Indonesia.

Suryadarma Ali menuturkan, peresmian Vihara Maitreya milik ummat Budha haruslah disyukuri sebagai ucapan syukur kepada Tuhan.

"Pada dasarnya manusia itu satu keluarga, dalam Islam setiap kamu adalah satu yang berasal dari Adam. Dan dengan keyakinan agama yang universal agama akan membawa kehidupan yang saling kasih-mengasihi," tuturnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku mengagumi semangat umat Budha Kalimantan Barat yang berusaha membangun Vihara Maitreya yang baru saja diresmikan itu.

"Umat Budha sedikit demi sedikit mengumpulkan dananya untuk membangun tempat ibadah, hingga 13 tahun vihara yang mereka nanti akhirnya dapat selesai dikerjakan. Dan ini menggambarkan bahwa memang ummat Budha menyuarakan perdamaian," kata Dahlan.

Dahlan menuturkan, ia memiliki hubungan yang sangat dekat dengan umat Budha.

"Pada waktu saya sakit, dan masuk di ruang operasi ada sekitar 1.000 umat budha yang berkumpul di Vihara di Surabaya untuk mendoakan saya selama berada di ruang operasi. Kurang lebih sembilan jam doa yang dilakukannya," katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Peresmian Vihara Maitreya menuturkan pembangunan gedung vihara tersebut sudah dilaksanakan sejak tahun 2000 dengan dilakukan pemasangan tiang pertama. Dari pemasangan hingga peresmian, proses pembangunan vihara memakan waktu selama 13 tahun.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang mendukung dengan semangat, kerja keras, pengorbanan dan doa hingga Vihara Maitreya ini dapat selesai dan diresmikan," katanya.

Peresmian Vihara Maitreya dilaksanakan begitu meriah dan dihadiri lebih dari 5.000 umat Budha Kalimantan Barat.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013