Singkawang (Antara Kalbar) - Tema “Singkawang bersholawat”  di pengajian umum bersama KH R Moh Kholil As'ad Syamsul Arifin berlangsung di Lapangan Sepakbola Marhaban Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Selasa (24/12) malam.  
 
Ribuan jemaah hadir dalam majelis ilmu untuk mendengarkan tausiyah dari Pengasuh Ponpes Wali Songo itu, tak terkecuali Wakil Wali Kota Singkawang, Abdul Muthalib dan puteranya. Bersama rombongan Jami'yah Hadrah Al Mahabbah, KH Moh. Kholil As'ad Syamsul Arifin disambut dengan Shalawat Nabi.
 
Wakil Wali Kota Singkawang, Abdul Muthalib, mengungkapkan rasa terharunya dapat menjumpai ribuan jemaah yang hadir pada kesempatan itu, karena di lapangan itu juga, dirinya mengenang setahun lalu pada masyarakat yang juga tumpah ruah mendukungnya maju dalam Pilkada.
 
KH Moh Kholil As'ad Syamsul Arifin menjadi spesial di hati pria yang karib disapa Haji Dol, menurutnya nasihat yang diberikan Kyai itulah yang meyakinkannya untuk selalu menjaga komitmen.
 
“Waktu itu saya belum pernah bertemu dengan Pak Kyai,” ujarnya
 
Melalui sahabatnya, Kyai berpesan kepada Abdul Mutalib untuk berkomitmen. Komitmen itu, Haji Dol bercerita, jika kamu ingin maju berkomitmenlah untuk menyantuni  guru ngaji, memperhatikan pesantren, mesjid dan surau, bersilaturahmi dengan tokoh dan ulama antara mesjid satu dengan yang lain.
 
Namun, lanjut Haji Dol yang paling membuatnya terharu adalah komitmen yang meluruskan niatnya. “Jika Umi (Ibu)-mu masih hidup, berpuasa layaknya Nabi Daud lalu sampaikan nasihat ini kepada muslim yang lain dalam majelis Ilmu,” kenang Haji Dol.
 
Di majelis terbuka yang dimulai dengan Pembacaan Ayat Suci Al Quran, KH Moh Kholil As'ad Syamsul Arifin menegaskan kembali tentang dasar keislaman, dan menyampaikan mutiara hikmah tentang syahadat yang merupakan awal dari semua keyakinan. Ia berpesan kepada umat muslim untuk menjadi muslim yang tulus, tulus lahir dan batin.

 (HUM/HR)

Pewarta:

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2013