Sekadau (Antara Kalbar) - Menyambut datangnya tahun baru 2014, Bupati Sekadau Simon Petrus menggelar doa syukuran pergantian tahun di rumah dinas (pendopo) Bupati Sekadau, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir pada Selasa (31/12) malam.

Acara doa syukuran pergantian tahun 2013 dan sambut tahun 2014 dimulai dari pukul 21.00 WIB sampai pada pukul 00.00 WIB. Acara dimulai dengan sambutan Bupati Simon Petrus, kemudian dilanjutkan dengan renungan dan doa singkat oleh pastor Dr.Valentinus Saeng, CP.

Bupati dalam sambutannya menyatakan, acara syukuran pergantian tahun secara rutin dilakukan oleh Pemkab, dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan tali silahturahmi antar satu dengan yang lain. “Momen ini saya anggap penting dalam rangka kita menjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan sekaligus untuk memberikan motivasi bagi masyarakat agar ditahun yang baru bisa lebih baik,” ujarnya.

Bupati juga pada kesempatan tersebut menyampaikan segala kekurangannya dalam membangun Kabupaten Sekadau, namun demikian pihaknya sudah berbuat semaksimal dan dengan rasa tulus dalam membangun daerah ini.

“Kita ingin pembangunan di Kabupaten Sekadau bisa semakin lebih baik, dan kami juga sudah bekerja maksimal dan dengan tulus untuk kepentingan masyarakat dan kami juga menyadari masih banyak kekurangan dalam membangun masyarakat kabupaten sekadau ini, ini juga karena keterbatasan. Untuk pada kesempatan ini saya mohon dukungan masyarakat untuk bersama-sama mendukung pembangunan yang akan dan telah kami lakukan selama ini,” paparnya sembari meminta agar masyarakat dalam menyambut tahun baru 2014 ini dengan penuh rasa damai, percaya diri dan terus berjuang.

Usai doa bersama dilanjutkan dengan acara salam-salaman dan penyulutan kembang api oleh Bupati.

Dalam acara tersebut, Bupati Sekadau Simon Petrus mengundang Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, para kepala SKPD, ketua TP PKK Kabupaten sekadau, tokoh masyarakat dan para pengusaha di kabupaten Sekadau.


Misa Tahun Baru dan Natal
Sebelumnya dalam misa malam Natal 24 Desember 2013 dan misa malam tahun baru 31 Desember 2013 di gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Sekadau berlangsung hikmat.

Misa yang dihadiri ribuan umat Katolik di kota Kabupaten Sekadau ini juga dihadiri oleh empat orang pejabat tinggi Pemkab yakni Bupati Sekadau Simon Petrus beserta istri dan keluarga, Wakil Bupati Sekadau Rupinus beserta istri dan keluarga, Ketua DPRD Sekadau Aloysius beserta istri dan keluarga dan Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau Yohanes Jhon beserta istri dan keluarga.

Keempat pejabat tinggi dan keluarganya ini ditempatkan di kursi bagian depan. Kursi paling depan ditempati keluarga bupati dan wakil bupati dan kursi kedua bagian depan ditempati keluarga ketua DPRD dan sekretaris daerah. Perayaan misa malam natal dan tahun baru di kota Sekadau tahun ini juga cukup semarak terlebih karena didukung oleh cuaca yang sangat baik.

Perayaan misa malam natal dipimpin oleh pastor kepala Paroki yaitu Pastor Kristianus dan misa malam tahun baru dipimpin oleh pastor Valentinus Saengdidampingi 8 orang pastor. 

Dalam kotbah pastor Kris dan pastor Valentinus sama-sama mengajak umat Kristiani untuk menghayati makna kelahiran Yesus di dunia, umat Katolik mampu menjadi lilin dan terang dunia, mampu melahirkan semangat kebersamaan dan kedamaian bagi sesama.

“Bila kita ingin jadi orang sukses, tentunya kita harus bekerja, bila kita ingin pandai tentunya kita harus belajar. Mengawali tahun 2014 ini mari kita serahkan hidup kita dengan tuhan percapaya kepadanya, dan mari kita mengisi hidup kita ini dengan kebaikan dan mari kita terus bekerja dan berusaha,” ajak pastor Valen.



(Humas Sekadau)

Pewarta: Hartono*

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014