Jakarta (Antara Kalbar) - Tumpeng nusantara diharapkan bisa semakin mengukuhkan diri sampai "go internasional" sebagai ikon wisata kuliner Indonesia sehingga kelak mampu mendongkrak pangan khas Tanah Air lainnya.

"Kita harus menasionalkan dan menginternasionalkan tumpeng sebagai ikon kuliner Indonesia," kata Ketua Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia (APJI) Ning Sudjito di Jakarta, Selasa, dalam acara Forum Dialog Pariwisata tentang "Tumpeng Nusantara, Ikon Kuliner Unggulan Indonesia".

Menurut dia, tumpeng pantas menjadi ikon kuliner Tanah Air lantaran nilai filosofinya yang begitu tinggi.

Selain itu, tumpeng juga menjadi simbol bersatunya keragaman kuliner di Indonesia.

"Jadi upaya menyosialisasikan dan mengajak masyarakat Indonesia untuk memahami makna dan tujuan memopulerkan tumpeng nusantara sebagai ikon kuliner perlu dilakukan sehingga masyarakat Indonesia memiliki kebanggaan nasional atas keunggulan kulinernya," katanya.

Sampai sejauh ini, hidangan tumpeng telah disajikan dalam jamuan makan malam kenegaraan seperti KTT APEC di Bali pada 2013 dan awal tahun ini Kemenparekraf mengadakan "coaching clinic" 30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia (IKTI) dan tumpeng nusantara hadir dalam kegiatan bursa wisata terbesar di Belanda, Vakantiebeurs 2014.

Tumpeng selama ini dijumpai di berbagai daerah berupa nasi gurih dan dapat ditambah dengan berbagai macam makanan pendamping sehingga ikon kuliner lainnya seperti rendang, ayam goreng, urap sayuran, dan sate lilit bisa menjadi pendamping dalam satu menu di piring untuk disajikan di restoran hingga jamuan makan kenegaraan.

(Yuniardi)

Pewarta: Hanni Sofia

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014