Surabaya (Antara Kalbar) - Sebanyak 10 taruna perempuan yang merupakan angkatan pertama itu akan menjalani pendidikan di kampus Akademi Angkatan Laut atau AAL, dan kini mereka masih bergabung dengan taruna dari angkatan darat dan udara di Akademi Militer di Magelang.

Direktur Personel (Dirpers) AAL Kolonel Laut (KH/W) Gisela di Surabaya, Jumat, menjelaskan bahwa para taruna perempuan Angkatan Laut itu akan mengikuti pendidikan di AAL, Bumimoro, Surabaya, sekitar Juli 2014.

Gisela mengemukakan bahwa pihaknya telah mengadakan pertemuan untuk membahas kesiapan personel Korps Wanita TNI AL (Kowal) AAL dalam menyambut para taruna perempuan angkatan pertama itu.

"Kami membahas kesiapan Kowal AAL dalam mengasuh, melatih serta mendampingi Taruni AAL dalam proses belajar mengajar yang akan dilaksanakan selama tiga tahun di AAL," tuturnya.

Menurut dia, kedatangan para taruna perempuan itu tentu membutuhkan banyak persiapan, mulai dari bagaimana cara mendidik, membimbing serta mencetak seorang calon pemimpin TNI AL wanita di masa mendatang.

"Untuk mencetak calon pemimpin dalam hal ini yang tanggap, tanggon dan trengginas yang pertama perlu dibangkitkan adalah jiwa kita sebagai pendukung bangsa dan negara," tukasnya.

Pewarta: Masuki M Astro

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014