Pontianak(Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, melalui Dinas Kesehatan setempat, Minggu, menggelar Jambore Kader Posyandu guna meningkatkan pelayanan kesehatan di kota itu.

"Jambore Kader Posyandu diikuti kader-kader posyandu se-Kota Pontianak yang digelar di halaman parkir Kompleks Kantor Sekretariat Kota Pontianak," kata Kepala Bidang Bina Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Trisnawati.

Ia menjelaskan, digelarnya Jambore Kader Posyandu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia para kader, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih berkualitas lagi pada masyarakat.

"Jambore ini juga sebagai wujud apresiasi Pemkot Pontianak kepada para kader Posyandu. Nantinya yang keluar sebagai kader terbaik akan maju ke Jambore Kader Posyandu tingkat Propinsi Kalbar," ujarnya.

Ada enam cabang yang diperlombakan dalam Jambore Kader Posyandu, yakni stand pameran, cerdas cermat, kegiatan posyandu, penyuluhan pola hidup bersih sehat (PHBS), lomba membuat makanan pendamping ASI berbahan lokal, dan outbond.

Pada lomba Jambore Kader Posyandu tersebut, Kecamatan Pontianak Timur keluar sebagai juara umum, dan Tim Posyandu Rosella dari Kecamatan Pontianak Selatan terpilih sebagai wakil Kota Pontianak pada Jambore Kader Posyandu Tingkat Propinsi Kalbar tahun 2014, kata Trisnawati.

Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menyatakan apresiasinya pada para kader posyandu yang sudah berperan aktif dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Pontianak.

"Peran Posyandu dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat cukup efektif, dilihat dari angka kematian ibu melahirkan dan bayi yang turun drastis, selain itu Kota Pontianak sebagai salah satu kota bebas malaria, dan beberapa capaian lainnya," katanya.

Menurut Sutarmidji, kader-kader Posyandu saat ini sudah bisa berperan lebih, selain bertugas di pelayanan kesehatan, mereka juga bisa menghasilkan kerajinan dari daur ulang sampah dan produk makanan.

Dalam arahannya, Wali Kota Pontianak menambahkan, Jambore Kader Posyandu itu juga sebagai evaluasi peran kader Posyandu dalam membantu Pemkot Pontianak mewujudkan Pontianak sehat, dan Indonesia sehat.

Pewarta: Andilala

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014