Jakarta (Antara Kalbar) - Yahoo Inc mengatakan akan bergabung dengan Google Inc untuk menciptakan sistem email yang aman tahun depan, yang membuat hampir tidak mungkin bagi peretas atau pejabat pemerintah untuk membaca pesan pengguna, The Wall Street Journal melaporkan seperti dikutip Reuters, Kamis.

Kedua perusahaan teknologi tersebut bersatu untuk memperkuat pertahanan mereka terhadap gangguan pemerintah dan peretas, terutama setelah Edward Snowden tahun lalu memberitahu mengenai program pengawasan Badan Keamanan Nasional.

Google, Microsoft dan Facebook Inc mengenkripsi lalu lintas internal mereka setelah Snowden mengungkapkan bahwa agen mata-mata menyusup ke koneksi mereka di luar negeri.

Yahoo telah mengubah proses email sehingga pengguna menggunakan pesan jenis enkripsi dalam jendela terpisah, yang mencegah bahkan bagi Yahoo sekalipun untuk membaca pesan seperti yang mereka ketik, kata The Journal.

Namun, pejabat Yahoo tidak bisa dihubungi untuk dimintai komentar.

Sebelumnya pada Kamis, Google mengatakan pihaknya telah mendorong pengembang situs untuk membuat situs mereka aman bagi pengunjung dengan menggunakan enkripsi situs, sebagai salah satu faktor untuk menentukan peringkat pencarian, demikian laporan Reuters.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014