Sungai Raya (Antara Kalbar) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat membentuk tim untuk mengawasi kelayakan daging dan hewan kurban menjelang pelaksanaan Idul Adha.

"Untuk pengawasan hewan kurban saat ini kita telah membentuk tim yang akan turun langsung mengecek langsung kondisi hewan kurban di lapangan. Tim tersebut akan kita fokuskan untuk mengawasi tiga kecamatan seperti di Sungai Raya, Kakap dan Rasau Jaya," kata Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kubu Raya, Hasrul di Sungai Raya, Kamis.

Namun, lanjutnya, jika ada permintaan dari masyarakat untuk pengecekan kondisi hewan kurban di kecamatan lainnya, maka tim yang sudah dibentuk tersebut juga siap untuk turun, sesuai permintaan masyarakat.

Dia mengatakan jelang Hari Raya Idul Adha, pihaknya akan terus melakukan pemantauan terhadap sejumlah ternak seperti kambing dan sapi yang akan dikurbankan.

Hasrul menjelaskan, sampai saat ini, sumber ternak untuk hewan kurban kata Sahrul, selain di datangkan secara lokal di Kubu Raya seperti Kecamatan Kakap, Rasau Jaya dan Sungai Raya juga banyak di datangkan dari Pontianak dan sekitarnya.

"Walaupun kita masih belum memiliki rumah potong hewan resmi, namun ditempat pemotongan hewan di Kubu Raya yang terdapat di Jalan Wonodadi dan Jalan Adi Sucipto tetap kita lakukan pemantauan. Dengan demikian, semua daging yang di potong di tempat pemotongan hewan tersebut bisa aman di konsumsi masyarakat," tuturnya.

Selain membentuk tim internal Pemerintah Kubu Raya, kata Hasrul pihaknya juga akan bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat untuk memantau kelayakan hewan ternak seperti sapi dan kambing yang akan dikurbankan.

"Belum lama ini kita juga telah melakukan rapat koordinasi dengan melibatkan sejumlah pihak terkait, termasuk elemen masyarakat dengan tujuan memberikan arahan agar masyarakat bisa memberikan hewan kurban yang benar-benar berkualitas sesuai dengan aturan agama dan aturan yang telah ditetapkan pemerintah," kata Hasrul.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014