Sekadau (Antara Kalbar) - Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di Sekadau telah  menciptakan dampak positif, karena sekolah yang menerapkan MBS terlihat lebih menonjol dibandingkan sekolah-sekolah lain yang tidak menerapkan MBS.

Kini penerapaan MBS menuai banyak pujian.

"Dari berbagai sisi, memang tampak ada kelebihan sekolah yang menerapkan MBS dibandingkan sekolah yang tidak menerapkan MBS, Karena itu kita berharap agar MBS ini diterapkan secara sungguh-sungguh di semua sekolah di Sekadau," ungkap Pemerhati Pendidikan Kabupaten Sekadau, Sri Susanti di Sekadau, Minggu.

MBS,menurut dia, telah berperan penting dalam kemajuan sekolah. MBS menciptakan keteraturan dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sejumlah sekolah yang menerapkannya.

Menurut alumnus FKIP Untan itu, jika diterapkan dengan sungguh-sungguh, MBS memberikan ruang kepada banyak pihak mulai dari kepala sekolah, dewan guru, komite sekolah, orang tua murid hingga tim pengembangan sekolah untuk memajukan sekolah.

Dengan terbukanya ruang itu, maka banyak upaya pembangunan dan perbaikan sekolah bisa dilakukan.

"Dengan terbukanya ruang itu juga, maka sekolah tidak bisa semena-mena dalam pelaksanaan management sekolah. MBS menjadi jembatan bagi masyarakat untuk mengawasi jalannya pendidikan di sebuah sekolah," katanya.

(Gansi/N005)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014