Sungai Raya (Antara Kalbar) - Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya Sujiwo mengajak masyarakat untuk memperbanyak berkurban untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

"Tidak kita pungkiri angka kemiskinan di Kubu Raya masih cukup tinggi, terutama di daerah pesisir dan terpencil. Untuk itu, sesama Muslim sudah seharusnya kita untuk saling membantu dan berkurban kepada saudara kita yang masih sangat membutuhkan," kata Sujiwo di Sungai Raya, Minggu.

Menurut dia, untuk berkurban tidak hanya dengan menggunakan hewan ternak dan dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha saja, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari.

"Jika setiap orang mampu di Kubu Raya bisa saling berbagi kepada saudaranya yang kekurangan, tentu lambat laun tidak ada orang miskin. Untuk itu, melalui peringatan Idul Adha ini setidaknya bisa membawa satu nilai keimanan dan nilai sosial yang tinggi yakni semangat rela berkurban," tuturnya.

Untuk itu Sujiwo mengajak seluruh umat yang hadir dan seluruh masyarakat Kubu Raya untuk senantiasa meningkatkan semangat rela berkurban, membangun keikhlasan untuk saling berbagi, saling membantu dan saling bekerjasama untuk menciptakan kesejahteraan bersama yang berkeadilan.

"Melalui Peringatan Idul Adha ini, mari kita tingkatkan semangat rela berkorban dalam arti kita ikhlaskan semua tenaga, waktu, harta dan menghilangkan ego, kesombongan, keangkuhan dan selalu berusaha mengendalikan diri," ujarnya.

Sujiwo mengatakan, bahaya yang paling mengancam kehidupan bersama adalah kesombongan dan keangkuhan serta egoisme. Menurutnya jika hal tersebut dapat dikalahkan dengan keikhlasan dan kebaikan-kebaikan untuk sesama akan mendekatkan hubungan manusia dengan Allah dan sesama.

"Termasuk mereka yang sedang menunaikan ibadah Haji saat ini, mereka juga sedang berkurban meninggalkan segala sesuatu demi panggilan Allah di tanah suci, demi melaksanakan keutamaan-keutamaan yang datang dari Allah," katanya.

Menurut dia, Idul Adha adalah momentum yang baik dan yang tepat untuk membangun kebaikan-kebaikan serta kebajikan untuk kehidupan bersama sesama umat dan masyarakat sebagai upaya untuk membangun kualitas hidup yang lebih baik. Membangun kesadaran kolektif agar semua bisa saling berbagi dan bersama-sama memperjuangkan kesuksesan bersama dengan asas berkeadilan.

"Ini adalah momentum yang tepat untuk membangun kebaikan-kebaikan bersama, upaya meningkatkan kualitas hidup umat dan masyarakat, untuk membangun kesadaran kolektif agar semua bisa berbagi, agar bisa bersama-sama mencapai kesesuksesan yang berkeadilan," kata Sujiwo.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014