Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 46 komunitas masyarakat beserta TNI-POLRI yang tergabung dalam "Senyum Kapuas" melakukan kegiatan bersih-bersih di Sungai Kapuas, Kota Pontianak, Minggu. 
     
Gerakan bersih-bersih dimulai secara resmi oleh Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono di Taman Alun Kapuas. 
     
"Ini merupakan gerakan moral dan nyata dari seluruh masyarakat komunitas Kota Pontianak untuk peduli, mencintai dan menyayangi Kota Pontianak," katanya.
     
Ia mengajak seluruh masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan terutama menjaga sungai-sungai supaya tetap bersih. Selain gerakan bersih-bersih sungai, program selanjutnya yakni melepas bibit-bibit beberapa jenis ikan ke sungai dan parit-parit. 
     
Untuk itu ia juga mengajak masyarakat supaya tidak meracuni sungai sehingga habitat ikan bisa terus terjaga. 
     
"Kata orang bijak, apabila tanaman terakhir yang kita tebang itu sudah habis, di sungai sudah tidak ada ikan, berapapun uang yang kita miliki tidak akan bisa menggantikannya," kata Edi.
     
Dalam aksi bersih-bersih itu, ada sesuatu yang tampak unik. Komunitas yang tergabung dalam gerakan "Senyum Kapuas" memanfaatkan botol air mineral bekas menjadi satu unit kapal kecil sebagai sarana transportasi mereka untuk menjaring sampah-sampah yang tersebar di sungai. 

(A057/Y008)

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2014