Nanga Pinoh (Antara Kalbar) - Bupati Melawi Firman Muntaco menyerahkan secara simbolis 169 sepeda motor dinas kepada kepala desa, Selasa (27/1) di halaman Kantor Bupati.

Sepeda motor yang dianggarkan melalui APBD Melawi tahun 2013 dan 2014 tersebut diperuntukkan untuk menunjang kinerja dan mempermudah akses kepala desa.

Firman yang diwawancarai usai penyerahan tersebut menerangkan motor dinas yang diserahkan kepada seluruh kepala desa di Melawi memang untuk mendukung jajaran pemerintahan desa yang ada di tingkat bawah.

“Saya tekankan ini bukan untuk kepentingan pribadi. Artinya bukan untuk kepentingan kepala desa. Tapi adalah untuk kendaraan operasional pemerintah,” katanya.

Firman pun berharap, kinerja kepala desa semakin meningkat setelah menerima motor dinas tersebut. Apalagi perintah presiden juga sangat jelas, bahwa pemerintahan ini berbasis kerja. Selain itu juga presiden Jokowi sudah mengalokasikan dana yang cukup besar bagi desa.

“Saya pikir ini bisa memberikan motivasi khusus bagi kades. Tentunya ini akan kita periksa juga. Selain kendaraan yang sudah kita berikan, kita juga akan melihat bagaimana pemanfaatan dana desa yang diberikan,” ujarnya.

Diungkapkan Firman, terkait alokasi dana untuk desa, Pemkab Melawi sudah mendukung alokasi dana untuk desa sebesar Rp 40 miliar. Diluar Rp 27 miliar yang nantinya dianggarkan melalui dana pusat.

“Untuk sekarang kita baru bisa anggarkan Rp 67 miliar untuk dana desa. Nantinya inspektorat akan mengawasi dan melihat penggunaan anggaran untuk desa tersebut,” katanya.

Sementara itu, perwakilan kades yang menerima kunci motor dinas secara simbolis dari bupati, Rudi HR mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemkab Melawi khususnya Bupati Melawi, Firman Muntaco yang sudah memberikan motor dinas bagi seluruh kades di Melawi.

“Pemberian motor dinas ini sebagai bukti bahwa Bupati sangat memperhatikan pada kepala desa, selain ini untuk mendukung kinerja kami di desa serta mempermudah akses transportasi pada kepala desa saat akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten,” ujar pria yang kini menjabat sebagai Kades Kelakik, kecamatan Nanga Pinoh ini.

Rudi pun mengharapkan dengan adanya motor dinas ini dapat semakin meningkatkan motivasi bekerja para kades dalam melayani masyarakat di desa. Apalagi memang tujuan pemberian motor tersebut memang untuk menunjang kerja dan pelayanan kepala desa.

“Motor ini memang sangat dibutuhkan mengingat memang ini merupakan kebutuhan bagi para kades di Melawi. Apalagi memang sebagian besar desa di Melawi berada jauh dari ibukota sehingga memerlukan kendaraan untuk bisa menjangkau masyarakat di desanya, serta berkoordinasi dengan pemerintah dalam menjalankan tugasnya,” katanya.

Pewarta: Eko S

Editor : Zaenal A.


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015