Pontianak (Antara Kalbar) - PT Astra International menggelar sejumlah kegiatan di seluruh Indonesia termasuk Kalimantan Barat untuk memperingati hari ulang tahun yang ke-58.
    
Di Kalbar, perusahaan yang menaungi 183 anak perusahaan itu menggelar pameran bersama di Atrium Ayani Mega Mall Pontianak pada 19 - 22 Februari. Menurut Ketua Perwakilan Grup Astra Kalbar, Ronny Agustinus, pameran itu bertujuan untuk memperkenalkan tentang Astra dan perusahaan yang bernaung di dalamnya ke masyarakat.
    
"Di Kalbar sendiri, anak perusahaan Astra baru ada 14 perusahaan. Tiga perusahaan ada di bidang otomotif, yaitu Astra Motor, Auto2000 dan Daihatsu," ujar dia. Sedangkan enam perusahaan bergerak di bidang jasa keuangan adalah; FIFGroup, Bank Permata, SAN Finnance, ACC, AAB, dan TAF. Ada juga perusahaan di bidang alat berat, yakni Traktor Nusantara dan United Tractor. Sementara dua perusahaan lain bergerak di bidang logistik; Selog dan Trac, serta satu perusahaan di bidang teknologi informasi yaitu Astra Grapia.
    
Ia melanjutkan, selama ini, Astra telah menjadi saksi pasang surut perekonomian Kalbar. Ia yakin Astra akan terus berkembang dan memanfaatkan peluang bisnis berbasis sinergi yang luas dengan pihak eksternal maupun internal grup Astra. "Sebagai salah satu grup usaha terbesar nasional saat ini, Astra telah mampu membangun reputasi yang baik serta menjadi bagian dari keseharian dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di Kalbar," ungkapnya.
    
HUT ke-58 Astra diwarnai dengan berbagai aktivitas yang menyentuh langsung ke masyarakat Kalbar sesuai dengan payung CSR Astra, yaitu "Semangat Astra Terpadu untuk Indonesia". 
    
"Kami akan memberikan manfaat dimanapun instalasi Astra berada," katanya menegaskan. Momentum ulang tahun dirayakan dengan saling berbagi. "Salah satunya dengan memberikan servis gratis kendaraan bermotor dan pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat yang mengalami musibah banjir di Singkawang dan Landak beberapa waktu lalu," ucapnya.
    
Selain itu, dalam waktu dekat ini, kelompok Astra di Kalbar akan menggelar aksi donor darah serta penanaman pohon di sejumlah titik di provinsi ini.
    
Sejak pertama kali berdiri tahun 1957 di Jakarta, Astra terus berkembang pesat. Dituturkan Ronny, Astra awalnya hanya fokus di bisnis perdagangan umum dengan nama PT Astra International Inc. Pada tahun 1990, dilakukan perubahan nama menjadi PT Astra International Tbk, seiring dengan pelepasan saham ke publik beserta pencatatan saham perseroan di Bursa Efek Indonesia.
    
Kini, Astra telah memiliki lebih dari 200 ribu karyawan yang tergabung dalam 183 anak perusahaan. Perusahaan-perusahaan Astra menyebar di berbagai sektor, seperti; otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, infrastruktur, logistik dan teknologi informasi. Nilai kapitalisasi pasar Astra pada penghujung tahun 2014 ditutup dengan nilai Rp300,6 triliun.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015