Pontianak (Antara Kalbar) - PT Astra International Tbk - Honda Wilayah Kalimantan Barat menargetkan "market share" hingga 60 persen untuk penjualan sepeda motor segala jenis pada tahun ini.
    Region Head Astra International Tbk - Honda Wilayah Kalimantan Barat, Ronny Agustinus di Pontianak, Kamis menuturkan, pada tahun 2013 pangsa pasar sepeda motor di Kalbar untuk merek Honda sekitar 50 persen.
    Kemudian, angka tersebut naik menjadi 57 persen pada tahun lalu. "Nanti kita akan kejar di angka 60 persen, seperti rata-rata kota lain di Indonesia," ujar Ronny di acara Indonesia WOW!. Ia optimistis angka tersebut tercapai karena pada triwulan I 2015 penjualan sepeda motor Honda di Kalbar menunjukkan angka yang menggembirakan.
    Motor andalan untuk mengejar pangsa pasar itu seperti "Beat" dan "Vario". Ia mengakui, saat ini motor jenis matic semakin besar porsinya di tingkat produksi dan pengguna.
    "Sekarang 70-an persen, mungkin nanti akan naik menjadi 80-an persen," kata dia.
    Pertimbangannya, lebih mudah dan simpel untuk digunakan mengingat pengguna sepeda motor tidak hanya pria, juga ibu-ibu dan anak muda.
    Selain jaringan yang luas, pihaknya juga mengandalkan berbagai promosi yang melibatkan dealer-dealer Honda di Kalbar. Kemudian, ada berbagai program khusus seperti kontes modifikasi untuk pengguna sepeda motor Honda.
    Secara keseluruhan, dalam satu bulan, sepeda motor Honda yang laku dijual di Kalbar mencapai 6.100 unit. "Pasar terbesar masih di Kota Pontianak, rata-rata 1.500 unit satu bulan," kata Ronny yang mendapat penghargaan Indonesia Marketeers Festival 2015 di Pontianak.
    

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015