Sungai Raya (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berusaha meningkatkan perekonomian kerakyatan yang berbasis kompetensi yang sejalan dengan tuntutan kebutuhan teknologi dan kemitraan.

"Dalam mewujudkan perekonomian kerakyatan yang berbasis kompetensi diharapkan setiap SKPD di Kubu Raya bisa meningkatkan kinerja dan profesionalisme," kata Bupati Kubu Raya, Rusman Ali di Sungai Raya, Jumat.

Rusman Ali menjelaskan, untuk mengacu pada visi dan misi Kubu Raya pihaknya tetap menekankan di sektor pertanian, perikanan dan kelautan. Di mana di sektor itu akan maju dan berkembang jika para petani tanaman pangan, pekebun, peternak, nelayan dan pembudidaya ikan mampu menguasai teknologi pertanian, perikanan dan manajemen pemasaran hasilnya serta kemampuannya dalam mengakses permodalan.

"Dan kemampuan tersebut hanya akan terwujud, jika kelompok-kelompok tani di Kabupaten Kubu Raya ini benar-benar nyata dan bukan sekadar papan nama yang tidak pernah melakukan apa-apa," tuturnya.

Untuk itu dia meminta kepada semua jajaran di sektor itu untuk melakukan gerakan bersama antara kelompok tani dan penyuluhan. Apalagi untuk saat ini, Pemerintah melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM-Mandiri) yang tujuannya untuk mengentaskan kemiskinan, maka sektor Pertanian telah dilaksanakan Program Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan (PUAP) yang berbasis pada Gabungan Kelompok Tani.

Dia menyatakan, pihaknya juga akan meningkatkan perekonomian kerakyatan yang berbasis kompetensi sejalan dengan tuntutan kebutuhan teknologi dan kemitraan serta meningkatkan dan mengembangkan iklim investasi yang kondusif, memperluas kesempatan kerja dan membangun sistem pelayanan perizinan yang prima.

"Kita juga akan meningkatkan, mengembangkan, pemberdayaan potensi sumber daya alam yang berkelanjutan dengan tetap menjaga dan mempertahankan kualitas kelestarian fungsi lingkungan hidup melalui konsep dan mekanisme yang menjaga keseimbangan, keterkaitan dan keadilan terhadap kepentingan kegiatan-kegiatan pembangunan daerah secara menyeluruh," katanya.

Tidak ketinggalan, upaya untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme aparatur pemerintah melalui kesamaan birokrasi selaras dengan pemenuhan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik berikut ketaatan pada sistem hukum yang berlaku serta menyangkut sarana dan prasarana, infrastruktur wilayah yang merata, berkualitas dan berkelanjutan.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015