Pontianak  (Antara Kalbar) - Pemerintah Kota Pontianak, Kalimantan Barat, mencanangkan Kecamatan Pontianak Utara sebagai kawasan bersih dan hijau oleh pepohonan sehingga bisa menjadi "paru-paru" kota itu.

"Dengan terciptanya kawasan Kecamatan Pontianak Utara yang bersih dan hijau oleh pepohonan, yang kini Kecamatan Pontianak Utara didominasi oleh kawasan agrobisnis dan agropolitan bisa menjadi paru-paru Kota Pontianak," kata Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono di Pontianak, Sabtu.

Edi menjelaskan untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang baik, tentu bukan suatu pekerjaan yang ringan dan instan, melainkan dituntut adanya suatu niat yang mendalam dan kesamaan gerak langkah secara berkelanjutan dalam mewujudkan hal tersebut.

"Sehingga kami berharap, semua elemen masyarakat mendukung program pemerintah dalam menciptakan kawasan Kecamatan Pontianak Utara yang bersih dan hijau itu," ujarnya.

Edi mengimbau kepada semua masyarakat Kota Pontianak agar bahu membahu untuk menjadikan Pontianak yang bersih, indah dan nyaman ditinggali.

"Kami berharap mulai dari tingkat rukun tetangga dan rukun warga agar kembali menggalakkan kegiatan gotong-royong dalam membersihkan lingkungannya masing-masing, sehingga lingkungannya menjadi bersih, nyaman dan hijau," ujarnya.

Sementara itu, Camat Pontianak Utara Kiswanta menyatakan pencanangan Pontianak Utara bersih menuju kota khatulistiwa bersinar, berawal dari gagasan dan usul warga dan tokoh masyarakat, komunitas pemerhati lingkungan yang menginginkan Kecamatan Utara bersih.

"Dari gagasan itu, kemudian dilakukanlah kegiatan gotong-royong rutin setiap hari Sabtu dan Minggu di lingkungan masing-masing," ujarnya.

Kiswanta berharap dengan dukungan dari semua lapisan masyarakat itu, maka kedepannya tercipta lingkungan yang bersih, aman, nyaman, serta hijau di kawasan Pontianak Utara, sehingga membuat masyarakat betah untuk bermukim di Pontianak.



(U.A057/N002) 

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015