Putussibau (Antara Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas Hulu tengah melakukan seleksi administrasi terhadap calon panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).
    "Kami akan segera pleno, setelah ada hasil seleksi administrasi PPK dan PPS," kata Lisma Roliza SH, Ketua KPU Kabupaten Kapuas Hulu.
    Dikatakan Lisma, berkas PPK sudah terekap oleh petugas KPU Kapuas Hulu. Dari 23 kecamatan, sekitar 212 berkas yang sudah masuk sampai dengan hari kemarin
    "Kami memang ada perpanjangan dalam seleksi administrasi untuk kecamatan yang kurang sarat minimal calon ppk-nya. Karena tidak boleh 2 perode menjabat, mendaftarkan diri lagi," jelas Lisma
      Adapun calon PPK yang belum memenuhi syarat terdapat di lima kecamatan seperti Silat Hilir, Bika, Embaloh Hilir, Semitau dan Bunut Hilir.
      Ditambahkan Lisma, KPU Kapuas Hulu sedang berkoordinasi dengan organisasi profesi seperti PGRI untuk memenuhi calon PPK itu.       
    "Perpanjangan penerimaan itu diberikan dari tanggal 4 hingga 6 Mei. Jadi hari ini terakhir dan hasil pemantauan dilapangan memang sudah memenuhi kekurangan calon PPK, sekarang kami tinggal menunggu berkas," paparnya.
      Untuk berkas calon PPS, lanjutnya, sudah masuk ke KPU Kabupaten Kapuas Hulu tinggal diperiksa oleh petugas.
      "Calon anggota PPS ini usulan dari lurah, kades dengan badan pemusyawarah desa atau lurahnya. Mereka yang akan diambil untuk PPS ada 846 orang, untuk bertugas di 278 desa dan 4 kelurahan," tutur Lisma.
    Selanjutnya setelah disortir administrasi, calon PPK dan PPS akan ikut seleksi tertulis dan wawancara pada 9 Mei-12 Mei.
      "Seluruh anggota PPK dan PPS ini akan diseleksi di kantor kecamatan masing-masing. Ada 5 wilayah tes yang ditentukan KPU Kapuas Hulu. Baik PPK dan PPS akan bertugas selama 8 bulan," jelas Lisma

Pewarta: Andre

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015