Sintang (Antara Kalbar) - Hari Jadi Kabupaten Sintang akhirnya ditetapkan tanggal 10 Mei, setelah melalui seminar mencari hari jadi Kabupaten Sintang yang dilaksanakan, Kamis (7/5)akhirnya menghasilkan rekomendasi, yakni menetapkan 10 Mei 1362 sebagai harikabupaten itu.

Menurut narasumber dan seluruh peserta seminar, penentuan hari jadi tersebut berdasarkan dua fakta sejarah, yakni pada bulan Mei 1362 lalu, pusat pemerintahan Kerajaan Sintang di Sepauk, yang dipimpin Raja ke XI, Jubair Irawan I dipindahkan ke Sintang.

Pemindahan pusat pemerintahan dari Sepauk ke Sintang itu untuk memekarkan wilayah, persiapan membangun pemerintahan baru dan pertimbangan letak Sintang yang strategis. Sementara penentuan tanggal 10 Mei, karena saat itu perjalanan pindah dari Sepauk ke Sintang dengan menggunakan sampan, diperkirakan menempuh waktu tiga hari.

Tanggal 10 identik dengan sepuluh raja yang memerintah di Sepauk, mulai dari Raja Aji sampai Hasan. Kemudian di masa raja ke 11, Jubair Irawan I, pusat pemerintahan sudah pindah ke Sintang. Dua narasumber yang dihadirkan yakni, Gusti Suriyansyah—akademisi Untan yang jga Raja Kesultanan Ismahayana Landak—dan Wakil Bupati Sintang periode 2000-2005, Ade Kartawijaya.

Bupati Sintang, Milton Crosby menyatakan, penetapan hari jadi suatu daerah sangat penting untuk memperjelas sejarah lahir dan berkembangnya suatu daerah. “Penentuan hari jadi harus berdasarkan sumber informasi dan data yang bisa dipertanggungjawabkan secara historis, yuridis, ilmiah, politik dan moral,” ujarnya.

Menurut Milton, seminar ini bertujuan menggali data dan informasi dari berbagai sumber untuk disepakati sebagai hari jadi Kabupaten Sintang. “Harapan saya, seminar sehari ini bisa menentukan hari jadi Kabupaten Sintang, yang nantinya akan diserahkan ke DPRD. Hari jadi ini merupakan kado untuk masyarakat Kabupaten Sintang,” ucapnya.

Bupati menyatakan, akan menerima hasil seminar untuk dijadikan acuan dalam menyusun Raperda. Jika 10 Mei 1362 sudah ditetapkan sebagai hari jadi Kabupaten Sintang, maka pada Minggu, 10 Mei 2015 nanti, Kabupaten Sintang sudah berusia 653 tahun. Sementara hasil seminar sehari ini menetapkan 10 Mei menjadi hari jadi Kabupaten Sintang.

Pewarta: Faiz

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015