Sekadau ( Antara Kalbar ) - Tingkat kelulusan siswa tingkat SLTA se-Kabupaten Sekadau tahun ajaran 2014-2015 yang mencapai angka seratus persen menambah rentetan prestasi bidang pendidikan.

Lima tahun berturut-turut keberhasilan lulus seratus persen mampu diraih siswa-siswi di Bumi Lawang Kuari. Metode penentuan kelulusan pada tahun ajaran 2014-2015 sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana hasil ujian nasional tidak lagi menentukan.

Tahun ini, indeks prestasi siswa sejak awal duduk di sekolah hingga tahap akhir diakumulasi. Kemudian hasilnya dikombinasikan dengan hasil ujian sekolah dan perilaku siswa selama menempuh studi.

"Disini peran pihak sekolah, dewan guru, patut diapresiasi. Karena tahun ini penentuan kelulusannya di sekolah. Kita semua tentu bangga dengan raihan ini, dan ini juga membuktikan dunia pendidikan di Kabupaten Sekadau semakin tahun semakin berkembang," ujar Bupati Sekadau, Simon Petrus, Senin.

Namun, perubahan metode penentuan kelulusan tak berpengaruh pada hasil akhir. Angka kelulusan seratus persen tetap terjaga. Tak hanya kuantitas, kualitas rata-rata nilai kelulusan pun membaik.

Untuk jurusan IPA, Kabupaten Sekadau mendapat tempat terbaik se-Kalbar. Sedangkan jurusan IPS mampu berada di peringkat kedua se provinsi. Atas prestasi ini, Bupati Sekadau Simon Petrus pun mengungkapkan kegembiraannya.

"Semua ini karna kerja keras pemerintah, para guru, dan para siswa tidak sia-sia. Saya acungkan jempol juga buat anak-anak yang lulus karena perayaan kelulusan tahun ini tidak lagi ada aksi corat-coret seragam dan konvoi kendaraan bermotor. Mudah-mudahan prestasi ini bisa terus dijaga, dan semakin tahun semakin membaik," harap Bupati yang akan mengakhiri masa baktinya bulan agustus mendatang.

(Gansi/N005)

Pewarta: Gansi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015