Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Rusman Ali mengimbau masyarakat untuk menggunakan kelambu saat tidur guna mencegah gigitan nyamuk Malaria.

"Pada peringatan Hari Malaria sedunia tahun ini, saya mengajak seluruh masyarakat Kubu Raya agar bisa bersama-sama mengantisipasi penyebaran penyakit Malaria, salah satunya dengan tidur menggunakan kelambu," kata Rusman Ali usai kegiatan jalan sehat pada peringatan hari Malaria sedunia dan Hari Kesatuan Gerak PKK, Hari Gotong Royong, Hari Pangan Sedunia dan Hari Krida Pertanian di Sungai Raya, Jumat.

Rusman Ali menjelaskan, dewasa ini masih banyak masyarakat yang beranggapan menggunakan kelambu terkesan kampungan. Namun, menurutnya, hal itu justru banyak manfaatnya, karena selain menghindari gigitan nyamuk, kelambu juga bisa membuat orang yang tidur di dalamnya menjadi lebih hangat.

Cara lain penanggulangan malaria, katanya, dengan memberantas tempat perindukan nyamuk dengan menyemprot dinding rumah dengan insektisida, pembubuhan larvasida pada air, pembersihan lumut di danau, rawa, laguna, dan pengeringan cekungan yang menampung air serta membuat saluran/sodetan agar air laut yang terperangkap dapat disalurkan ke laut lagi.

"Untuk itu, perlu kerja sama jajaran kesehatan dengan masyarakat untuk mengantisipasi penyakit Malaria ini, karena penyakit ini termasuk jenis yang berbahaya," katanya.

Pada kegiatan jalan sehat itu, ribuan peserta yang hadir dilepas langsung oleh Ketua PKK Provinsi Kalimantan Barat didampingi oleh Bupati Kubu Raya dan Ketua PKK Kubu Raya.

Ribuan peserta jalan sehat yang terdiri dari anak SMP, SMA dan masyarakat Kubu Raya dan peserta dari semua kabupaten Kota di Kalimantan Barat.

Usai menempuh rute jalan sehat yang ditentukan, dilanjutkan dengan hiburan dan pembagian doorprize. Rute jalan sehat yang dilewati adalah sekitar Jalan Ahmad Yani Dua kembali ke Halaman Kantor Bupati Kubu Raya.

Sementara itu , berbagai doorprize menarik disediakan oleh panitia untuk memeriahkan acara, salah satu hadiah utamanya berupa sepeda yang merupakan bantuan dari sponsor.

Bupati Kubu Raya Rusman Ali meminta agar kegiatan tersebut sekaligus membawa pengaruh positif bagi masyarakat di sekitarnya dalam memasyarakatkan olahraga bagi masyarakat, demi menjaga dan memelihara kesehatan keluarga.

"Kegiatan jalan sehat ini merupakan bagian dari kampanye untuk masyarakat sehat terbebas dari Malaria, dengan menjaga hidup sehat lingkungan sehat masyarakat bisa terbebas dari penyakit malaria yang kebanyakan disebabkan oleh lingkungan yang buruk sehingga nyamuk dengan mudah berkembang dan menyerang manusianya," tuturnya.

(KR-RDO/N005)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015