Ketapang (Antara Kalbar) - Bupati Ketapang Henrikus berharap pameran batu permata istimewa khas Ketapang dengan tema "Kemilau Kecubung Ketapang 2015" yang akan diselenggarakan pada 22-28 Juni, diharapkan memberi dampak positif.
    Menurut Henrikus di Ketapang, pameran itu dapat semakin memperkenalkan Ketapang melalui sumber daya alam khususnya melalui batu Kecubung yang identik dengan kemilau dan keindahan warnanya baik di ruang lingkup kabupaten, provinsi bahkan nasional.
    "Pameran batu akan kita laksanakan dengan menggandeng EO yang berkompeten dalam hal ini, dengan level nasional termasuk Kalimantan, sebab kita juga sudah mengundang provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah untuk mengikuti pameran dan kontes batu permata khususnya Kecubung ini," Katanya.
    Lebih lanjut Bupati menjelaskan,tidak hanya sekedar pameran dan kontes batu, nantinya panitia pelaksana dalam hal ini kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) dengan Asosiasi Batu Permata Ketapang juga menempatkan tempat untuk para pengrajin batu sekaligus mempromosikan mereka selama pameran berlangsung.
    "Jadi masyarakat yang datang nantinya juga bisa menggunakan jasa pengrajin batu saat pameran dan kontes berlangsung,"Ucapnya.
    Henrikus menilai Batu Permata Kecubung merupakan batu yang identik dengan Ketapang. Ketika masyarakat luar baik Ketapang sendiri menyebut batu kecubung tentu yang terlintas dipikiran Ketapang. Sebab di Ketapang sendiri memiliki potensi sumber daya alam Batu Kecubung yang diyakini mempunyai kualitas terbaik, seperti di beberapa Kecamatan antaranya Manis Mata, Air Upas, Tumbang Titi, Marau dan beberapa kecamatan yang baru tergali potensinya seperti Simpang Hulu.
    "Dengan pameran ini tentu kita berharap Ketapang yang merupakan wilayah penghasil Kecubung dengan kualitas bagus dapat semakin dikenal, dan ini merupakan satu diantara bentuk promosi kita terhadap potensi daerah," katanya.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015