Jakarta (Antara Kalbar)-Pada umumnya orang-orang menggunaan Bluetooth sebagai koneksi untuk saling mengirinkan file antar gadget.

Namun mengirim file APK, foto, dan video merupakan hal umum yang bisa dilakukan antar perangkat seluler seperti smartphone.

Sering kali terdapat kendala jika menggunakan Bluetooth sebagai layanan transfer file, mulai dari susahnya pairing dan lambatnya kecepatan transfer data.

Untuk mengatasi hal tersebut, layanan transfer data menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu "SHAREit".

Aplikasi pihak ketiga ini menggunakan jaringan WiFi yang tersedia di smartphone Android.

Dengan menggunakan jaringan WiFi sebagai jaringan transfer data, jelas ini akan mempercepat kecepatan transfer file antar perangkat.

Cara menggunakannya pun cukup mudah dan banyak pilihan file apa saja yang dapat dikirim termasuk file APK.

Pengguna hanya tinggal memilih ingin mengirim file atau menerima file.

Jika memilih mengirim file Anda hanya perlu memilih file apa saja yang akan Anda kirim dan jika telah selesai Anda tinggal memilih ke perangkat mana file itu akan dikirim, tentunya perangkat lain yang akan menerima juga telah menginstal aplikasi SHAREit ini.

Untuk menerima file juga mudah, hanya tekan terima nantinya file akan terkirim jika perangkat lain memilih perangkat Anda sebagai penerima.

Berbeda dengan Bluetooth yang memungkinkan harus melakukan pairing, di aplikasi ini tidak perlu melakukan hal itu, kita hanya tinggal memilih icon perangkat lain yang telah mengaktifkan mode terima.

Jenis perangkat yang kompatibel dengan aplikasi ini cukup beragam, yaitu tersedia untuk Android, iOS, Windows Phone, dan PC Windows.

Tentunya mengirim file berukuran jumbo bukan sesuatu yang membosankan, karena dengan menggunakan WiFi sebagai jaringan transfer, kecepatan transfernya dapat mencapai rata-rata 20 MB per detiknya tergantung kapasitas hardware yang dimiliki tiap perangkat.


Aplikasi milik Lenovo ini tersedia gratis yang bisa anda unduh di Play Store, App Store, atau via link berikut.

Semoga tips ini membantu Anda yang ingin mengirim file berukuran besar tanpa harus menunggu waktu yang lama dan tanpa menggunakan kabel data jika ingin mengirim file ke atau dari PC Anda.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2015