Sungai Raya (Antara Kalbar) - Wakil Ketua MPR, Oesman Sapta mengatakan pihaknya akan mendorong rencana pembangunan Jembatan Kapuas III di Kalimantan Barat, untuk melancarkan arus transportasi di provinsi itu.

    "Kita akan mendorong rencana pembangunan Jembatan Kapuas III ini, karena sifatnya memang mendesak," kata Oesman Sapta saat melakukan kunjungan kerja di Kubu Raya dan Pontianak, Rabu.

    Dia mengatakan dari peninjauan langsung ke lapangan dan hasilnya akan disampaikan kepada rekan-rekan di MPR. Kemudian, didorong kepada presiden agar ini bisa segera direalisasikan.

    Dia mengatakan, sesuai dengan prinsip nawacita presiden yang memfokuskan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia, pembangunan Jembatan Kapuas III itu sudah dinilai tepat pada waktunya.

    "Karena kita melihat ini sebagai salah satu contoh, semakin padatnya kota ini, sama seperti padatnya saat kita akan membuka Jembatan Kapuas I dan II," tuturnya.

    Saat itu, lanjutnya, banyak pihak yang menilai pembangunan jembatan itu tidak ekonomis, namun belum sampai 10 tahun dibangun, ternyata nilai ekonomisnya baru dirasakan. Bhkan sekarang kondisi Jembatan Kapuas I tidak bisa lagi menampung arus lalulintas yang terjadi di kota Pontianak.

   Dengan dibangunnya Jembatan Kapuas III itu nantinya akan memecah kemacetan kendaraan dari dan menuju kota Pontianak.

   "Ini sebenarnya sudah diajukan beberapa waktu yang lalu oleh Pemprov Kalbar, dan saat ini kembali diajukan agar rencana pembangunannya bisa segera direalisasikan, kalau bisa tahun depan programnya sudah harus masuk," katanya.

    Pembangunan Jembatan Kapuas III itu akan dilakukan bersamaan dengan pembangunan lanjutan rencana Jalan Lingkar Luar (Outer Ring Road).

    "Tahun kemarin, FS sudah selesai termasuk DED dan titik-titik koordinat juga sudah ditetapkan, bahkan maketplan nya juga sudah dibuat. Tinggal penganggarannya saja, dan dari rencana pembangunan yang sudah dilakukan, sepertinya Jembatan Kapuas III ini akan lebih bagus dibanding jembatan Pak Kasih," katanya.

    Rencananya, Jembatan Kapuas III itu akan dibangun di muara Sungai Kapuas di kawasan Jungkat dan melewati Pulau Panjang kawasan Wajok Hilir, Kabupaten Mempawah.

    "Kita harapkan, dengan dibangunnya jembatan itu, kedepan perekonomian Kalbar akan semakin tumbuh, apa lagi Kalbar akan menjadi perputaran langsung MEA," kata Oesman.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016