Putussibau  (Antara Kalbar) - Calon jemaah haji dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, mengantre hingga tahun 2032 mendatang, sementara kuota keberangkatan calon haji setiap tahunnya hanya 95 orang.

"Kuota tetap 95 orang yang akan diberangkatkan, antre tersebut daftar tunggu sekitar 1.521 orang hingga 2032," kata Pelaksana Seksi Haji dan Umroh, Bagian Pendaftaran dan Pembatalan Haji Kantor Kementerian Agama Kapuas Hulu, Juli Supardi, di Putussibau, Senin.

Dia menjelaskan, meskipun antrean hingga tahun 2032, namun pihaknya masih menerima pendaftaran calon haji. Terutama dari kecamatan yang ada di Kapuas Hulu. Pada tahun lalu sekitar 200 orang yang sudah mendaftarkan diri, sedangkan untuk tahun ini sudah sekitar 100 lebih.

"Bagaimanapun juga kami tetap melayani pendaftaran, daftar tunggu atau antrean bukanlah menjadi alasan untuk tidak melayani," kata Supardi.

Menurutnya, dalam waktu dekat sekitar bulan Juli akan dilaksanakan manasik haji se-Kapuas Hulu untuk 95 orang calon haji yang akan berangkat tahun ini. Terkait administrasi calon haji sudah lengkap, hanya saja menunggu jadwal kegiatannya saja.

Lebih lanjut ia menjelaskan pada tahun lalu jemaah haji yang berangkat hanya 93 orang, hal tersebut disebabkan pembatalan dari calon haji karena sakit. "Dua orang batal berangkat tahun lalu, jadi berangkat pada tahun ini," kata dia.

Untuk itu menurut Supardi persiapan keberangkatan haji di Kapuas Hulu untuk sementara ini belum ada kendala. Kuota yang diberangkatkan sesuai aturan tetap 95 orang. Selain manasik para calon haji nantinya juga mendapat pembekalan dan pembinaan dari Kementerian Agama Kapuas Hulu.


(T.KR-TFT/N005)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016