Pontianak  (Antara Kalbar) - Kantor PT Pos Indonesia (Posindo) Pontianak mencatat pengiriman barang menjelang lebaran meningkat sekitar 50 persen dibanding hari biasa.

"Mulai hari ini sampai beberapa hari sebelum lebaran merupakan puncak kepadatan pengiriman barang," ujar Wakil Kepala Kantor Pos Pontianak Dody Supriadi di Pontianak, Rabu.

Dody menjelaskan saat ini pengiriman barang mayoritas atau sekitar 60 persen melalui pengiriman khusus yakni mengunakan pesawat terbang, sedangkan sisanya mengunakan kapal laut.

"Dilihat dari barangnya, barang yang dikirim baik dari dan ke Pontianak adalah yang berkaitan dengan lebaran seperti kue lebaran," jelasnya.

Untuk perbandingan, kata Dody, sekitar 60 persen adalah barang dari luar Kalbar yang masuk sedangkan 40 persennya sisanya adalah barang dari Kalbar keluar.

"Kalau dari luar Kalbar didominasi dari Jakarta. Selanjutnya dari Yogyakarta dan Bandung," katanya.

Dody menambahkan ada sedikit berbeda pada tahun 2016 dibanding tahun sebelumnya di mana untuk pengiriman barang dari toko online porsinya meningkat signifikan yakni kontribusinya 30 persen dari total pengiriman.

"Dengan melonjaknya pengiriman, kami mengoptimalkan SDM dan jam kerja kami tambah dua jam. Selain itu hari Minggu dan cuti bersama kami akan tetap buka," kata dia.

(U.KR-DDI/A039)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016