Pulau Punjung (Antara Kalbar) - Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska melepas 40 kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka daerah itu, mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) di Bumi Perkemahan Cibubur, pada 14 hingga 21 Agustus 2016.

"Sebanyak 40 orang ikut ambil bagian dalam kegiatan tersebut terdiri atas anggota pramuka penggalang putra 20 orang, putri 20 orang beserta lima pembina pendamping maupun lima pimpinan kontingen," katanya di Pulau Punjung, Selasa.

Ia mengingatkan kepada kontingen pramuka Kabupaten agar tetap menjaga nama baik daerahnya dan menunjukkan sikap peduli terhadap sesama.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan momentum untuk menunjukkan potensi dan kemampuan diri sendiri, karena gerakan pramuka mempunyai tujuan untuk membentuk watak, meningkatkan sikap kemandirian, ketrampilan, memupuk persatuan dan kesatuan pramuka penggalang.

"Selain itu kegiatan ini juga memiki makna mencari komitmen anggota pramuka terhadap penghayatan dan pengamalan tri satya dan dasa darma pramuka," ujarnya.

Ia berharap para peserta dapat mengukir prestasi terbaik dan bersaing dengan kontingen pramuka lainnya selama mengikuti rangkaian kegiatan.

Ia berpesan kepada para kontingen untuk tidak melupakan sholat lima waktu selama tujuh hari di Cibubur.

"Jadikan kegiatan pramuka ini untuk membangun generasi yang berprestasi," lanjutnya.

Ketua Kontingen Jasrul menambahkan, sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan ini untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, terbinanya tali persaudaraan, membangun jati diri bangsa dan meningkatkan pengembangan mental, fisik maupun pengetahuan Selain itu, sebutnya, menargetkan tiga bintang emas yang akan dicapai pada jambore tahun ini, diantaranya di bidang pengembaraan, ketangkasan dan radio.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016