Batam (Antara Kalbar) - Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Barat, Syahrul Yadi melepas 450 orang Jamaah Calon Haji asal Kalbar dan Riau yang tergabung dalam Kelompok Terbang 12 Embarkasi Batam di Batam Kepulauan Riau, Sabtu.

Dalam arahannya, Kanwil Kemenag Kalbar berpesan agar jamaah meluruskan niat, karena haji merupakan perjalanan ibadah bukan perjalanan biasa.

"Jangan ada niat untuk berbelanja, fokuskan niat untuk beribadah saja, jadi semua aktivitas yang dilakukan harus berbasis ibadah," katanya.

JCH juga diingatkan untuk melaksanakan seluruh ibadah penting, dan tidak lalai karena hal yang sifatnya duniawi.

"Jangan sampai meninggalkan momen-momen penting selama berada dalam perjalanan ibadah. Semua rangkaian perjalanan mulai dari sesampainya di Madinah, Mekkah, Arofah, Mina, Jeddah hingga pulang ke Tanah Air merupakan rangkaian waktu untuk beribadah," pesannya.

Dalam kesempatan itu, Syahrul Yadi juga meminta agar JCH berkenan mendoakan daerah Kalimantan Barat dan negara Indonesia.

"Contohlah apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS, beliau berdoa bukan saja untuk diri pribadi, dan keluarga namun juga untuk umat," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam PIH Embarkasi Batam Syahbudi melaporkan Kloter 12 terdiri dari 224 JCH Kota Pontianak 224 orang, 135 JCH Kabupaten Mempawah, 83 JCH Kabupaten Melawi, serta tiga orang warga Kabupaten Kampar Riau dan Kabupaten Rokan Hilir Riau yang dimutasi dari Kloter sebelumnya, juga lima orang petugas.

Tiga orang JCH yang mutasi masuk ke Kloter 12 BTH yaitu Jamil Sembai Usman Bin Sembai asal Kabupaten Rokan Hilir Riau dari Kloter 10, Bambang Suharyono Kerto Hasyim asal Kabupaten Kampar Riau dari Kloter 9, dan Lasmi Kasmat Isa asal Kabupaten Kampar Riau dari Kloter 9.

Berdasarkan hasil qurah maktab, selama berada di Makkah JCH Kloter 12 akan menempati pemondokan di wilayah Syisah Maktab 01 Nomor Rumah 503 dan 505.

Menurut jadwal, jamaah haji Kloter 12 BTH akan tiba kembali di Tanah Air pada tanggal 29 September 2016 pukul 12.35 WIB.

(Y011/N. Hayat)

Pewarta: Jannatun Naim

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016