Washington (Antara Kalbar) - Tujuh mahasiswa Malaysia yang sedang menempuh pendidikan di universitas-universitas di Amerika Serikat terpilih mendapatkan 2016 Perdana Scholar Award atas prestasi mereka.

Deputi Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia Kamel Mohammad telah menyerahkan penghargaan kepada para mahasiswa itu dalam upacara yang diadakan di di Kedutaan Besar Malaysia di Washington DC, akhir pekan lalu.

Tiga dari tujuh mahasiswa mendapat penghargaan atas prestasi akademis mereka yang mengesankan sementara sisanya memenangi berbagai kategori. Tiga perhimpunan mahasiswa juga diberi penghargaan.

Penghargaan untuk keunggulan akademis diraih oleh mahasiswa Plant Biotechnology-Rutgers University, Cheong Kuan Yu (23 tahun), mahasiswa Economics and Statistics-Stanford University, Yeoh Kai Yuan (22) dan mahasiswa Geological Science-Arizona State University, Norhafiza Jahaya (20).

Perdana Scholar Award untuk kategori Voluntarisme dan Kewirausahaan jatuh pada mahasiswa Drexel University, Aisyah Ilani Mohd Zin (22) dan rekannya satu kampus, Mohammad Hazrah Khan Hakim Khan (23).

Doktor Chong Chin Heo (33 tahun) dari Texas AGM University mendapat penghargaan untuk kategori Penelitian, Inovasi dan Publikasi, sementara Sue Ann Yong (21) dari Harvard University dihadiahi Perdana Scholar Award atas keterlibatannya dalam olahraga dan kebudayaan.

Tiga perhimpunan mahasiswa yang diberi penghargaan berasal dari Pennsylvania State University, University of Washington dan University of Tulsa.

Saat menyampaikan pidato, Kamel mengatakan Perdana Scholar Award merupakan sarana untuk terus mendukung keunggulan mahasiswa-mahasiswa Malaysia di Amerika.

Direktur Pendidikan Malaysia di Washington, Md Amin Md Taff, mengatakan 300 aplikasi diterima dari 7.000 mahasiswa Malaysia yang berkuliah di Amerika.

Perdana Scholar Award ditujukan untuk menghargai mahasiswa-mahasiswa unggul, sejalan dengan inti pengembangan modal kemampuan manusia, serta untuk memperkenalkan mahasiswa-mahasiswa berprestasi tersebut kepada kalangan industri penting di Malaysia.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2016