Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya Rusman Ali menyerahkan secara simbolis SK pengangkatan kepada 105 CPNS 2014 yang menjadi PNS di Lingkungan Pemerintah Kubu Raya.

    "Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai unsur utama sumber daya aparatur negara dimana mempunyai peranan yang sangat menentukan bagi keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Dengan pengangkatan ini, kita harapkan semua PNS yang baru menerima SK-nya agar bisa bekerja lebih baik dan mengedepankan layanan yang maksimal kepada masyarakat," kata Rusman Ali di Sungai Raya, Selasa.

    Menurutnya, figur pegawai negeri sipil yang mampu memainkan peranan tersebut adalah mereka yang memiliki kompetensi melalui cerminan sikap dan perilakunya yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada negara, bermoral dan bermental yang baik, profesional dan sadar akan tanggung jawabnya masing-masing," tuturnya.

    Rusman Ali menuturkan, sebagai pelayan masyarakat, PNS harus mampu memposisikan diri sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Sehingga, tuntutan perbaikan birokrasi dan manajemen pemerintahan berbanding lurus dengan kemajuan suatu daerah.

    "Hal tersebut dapat diartikan bahwa semakin maju suatu daerah, maka semakin tinggi pula tuntutan akan perbaikan kualitas pelayanan publik dari organisasi pemerintah. Untuk itu pegawai negeri sipil sebagai unsur aparatur negara, harus mampu menyikapi fenomena tersebut, dengan selalu berusaha meningkatkan kualitas dan kapasitas diri dalam menjalankan tugas dan memberikan pelayanan publik," katanya.

    Dia menambahkan, pegawai negeri sipil yang baik harus selalu siap menghadapi perubahan zaman serta tuntutan perbaikan birokrasi dan pelayanan publik.

    Untuk diangkat menjadi PNS, lanjutnya, tidak diberikan secara otomatis namun harus ditempuh dengan kerja keras, disiplin yang tinggi, dan harus sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

    "Setelah melalui masa percobaan menjadi CPNS, maka pada hari ini saudara-saudara calon pegawai negeri sipil, telah resmi beralih status menjadi pegawai negeri sipil daerah di lingkungan Pemkab Kubu Raya. Untuk itu saya selaku pribadi, keluarga dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menyampaikan selamat kepada seluruh CPNS yang diangkat dari formasi umum tahun 201," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017