Sekadau (Antara Kalbar) - Musim yang tidak stabil bisa berdampak pada kesehatan warga sehingga kondisi fisik harus tetap dijaga.
   
"Dalam keadaan seperti ini, menuntut tubuh kita untuk bisa menyesuaikan kondisi di luar tubuh dengan sangat cepat. Hal ini sering menimbulkan ketidaknyamanan. Bukan cuma kondisi tubuh, akan tetapi juga berpengaruh kepada suasana hati untuk beraktivitas," ungkap Dokter Puskesmas Sungai Ayak, dr Rossy Tejaningsih, Jumat.
   
Alumnus Maranatha Bandung itu melanjutkan, oleh sebab itu, sangat perlu menjaga kesehatan tubuh, terlebih dalam cuaca yang tidak menentu seperti ini. Menurut dia, jika tidak berhati-hati dalam menjaga kesehatan, tubuh akan mudah terserang penyakit seperti diare, infeksi saluran pernafasan, demam, dan flu.
   
"Menjaga kesehatan bisa dengan memperbanyak konsumsi air putih agar tidak dehidrasi, tak lupa juga musti makan dengan nutrisi seimbang. Tidur dan istirahat cukup, dan waktu tidur yang baik setidaknya 6 jam dan hindari tidur larut malam, serta kalau bisa tambah waktu berolahraga," kata dia.
   
Sementara itu Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sekadau, Emmanuel menegaskan untuk mengantisipasi supaya tidak mudah terserang penyakit dengan menjaga kesehatan, meningkatkan pola hidup bersih dan sehat PHBS di rumah masing-masing dan sekitarnya.
   
Sedangkan untuk pengadaan obat-obatan dari pihak dinas kesehatan, pengendalian penduduk dan keluarga berencana berusaha dengan maksimal. "Kita juga berharap dari provinsi mendukung pengadaan obat tersebut. Untuk bantuan lain-lainnya, kita bekerjasama dan berkoordinasi dengan dinas terkait seperti dinas sosial," ujar dia.


Pewarta: Arkadius Gansi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017