Pontianak (Antara Kalbar) - Kodim 1204/Sanggau membantu program cetak sawah yang dilakukan Pemkab Sekadau dengan target pembukaan lahan seluas 200 hektar dalam tahun 2017.

"Sebagai langkah awal, Sabtu(25/2) telah di launching cetak sawah di Dusun Suak Terentang Desa Engkersik Kecamatan Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau," kata Komandan Kodim 1204/Sanggau Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa di Sekadau, Minggu.

Dijelaskannya, pada tahun 2017, Kabupaten Sekadau mendapatkan target cetak sawah seluas 200 hektare yang tersebar di Kecamatan Sekadau Hilir, Sekadau Hulu dan Belitang.

"Program cetak sawah merupakan bagian dari upaya nawacita untuk swasembada pangan untuk meningkatkan

kesejahteraan rakyat Indonesia terutama Petani," tuturnya.

Selain itu, Dandim 1204/Sgu mengimbau anggota Poktan untuk lebih semangat lagi dalam pengolahan lahan pertanian sehingga dapat meningkatkan hasil sesuai dengan harapan.

Dijelaskannya, kepercayaan yang diberikan pemerintah dalam rangka terlaksananya program menuju swasembada pangan tersebut, akan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

"Persiapkan segala sesuatu yang kita butuhkan untuk pelaksanaan pembukaan lahan seluas 200 hektar, yang terdapat di sejumlah kecamatan di kabupaten Sekadau. Segala sesuatu kebutuhan demi kelancaran pelaksanaan pembukaan lahan itu segera koordinasikan dengan jajaran terkait," katanya.

Dikatakannya, pihaknya akan mengerahkan kemampuan sepenuhnya untuk menjamin suksesnya program pembukaan lahan pertanian untuk seluas 200 hektar tersebut.

Ditempat yang sama, Kadis Pertanian, Perkebunan Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sekadau Sandae menyampaikan, bahwa pihaknya akan lebih mempertimbangkan dengan tepat keseimbangan pengerjaan cetak sawah dan akan mencari solusi untuk menetralkan kadar asam yang tinggi pasca cetak sawah.

Sedangkan Ketua Poktan Ilyas menyampaikan terima kasih atas bantuan pemerintah dalam cetak sawah dan minta agar tetap dikawal TNI dan PPL sehingga bisa mendapatkan hasil sesuai dengan harapan.

(KR-RDO/M019)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017