Pontianak (Antara Kalbar) - Kepolisian Daerah Kalimantan Barat akan membentuk 79 Pos Pengamanan dan Pelayanan Lebaran 2017 di daerah itu, kata Kepala Biro Operasional Polda Kalbar Kombes (Pol) Jayadi.

"Sebanyak 79 pos tersebut, terdiri dari 39 Pos Pengamanan, kemudian 36 Pos Pelayanan, sisanya Pos Terpadu dari instansi terkait dalam memberikan pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat yang melakukan mudik dan balik Lebaran 2017," kata Jayadi di Pontianak, Sabtu.

Polda Kalbar akan menggelar Operasi Ramadniya Kapuas 2017, yang dimulai sejak 19 Juni hingga 4 Juli 2017 atau selama 16 hari.

"Sebelumnya, kami akan menggelar Operasi Ramadniya Kapuas 2017, terlebih dahulu dilakukan gelar pasukan, tanggal 19 Juni di Lapangan Bhayangkara Polda Kalbar, guna mengecek langsung kesiapan Operasi Ramadniya lintas sektoral tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan personel Polda Kalbar yang akan diturunkan pada pengamanan Operasi Ramadniya Kapuas 2017 sebanyak 3.536 personel.

"Adapun yang menjadi prioritas pengamanan dan pelayanan kami, di antaranya 48 terminal, 203 masjid, 97 pusat perbelanjaan, 67 objek wisata, 19 pelabuhan, lima bandara, dan 439 objek wisata yang tersebar di Kalbar," ungkapnya.

Untuk di pelabuhan dan bandara, personel diimbau melakukan tugasnya dengan baik, seperti mengecek kelayakan transportasi yang akan melayani pemudik Lebaran, agar tidak terjadi kecelakaan dan hal yang tidak diinginkan.

"Intinya di sini, negara hadir dalam memberikan keselamatan, keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang akan melakukan mudik dan balik Lebaran," katanya.

Jayadi menambahkan yang tidak kalah penting juga, pihaknya siap memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung pada di tempat-tempat rekreasi dalam menikmati libur panjang Lebaran 2017.


(U.A057/A039)

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017