Pontianak (Antara Kalbar) PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (PT.WHW AR) menggandeng masyarakat sekitar lokasi dalam pengembangan ekonomi warga desa dengan konsep One Village One Product (OVOP).
   Program dibuat dengan tujuan mensejahterakan masyarakat sekitar sekaligus menjaga lingkungan. Superintendent Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM), Yohanes Supriyadi berharap melalui konsep OVOP ini setiap desa dapat menghasilkan produk-produk unggulan yang memiliki nilai.
    Selain itu juga berkembangnya agribisnis berbasis komunitas dan meningkatkan kemampuan kewirausahaan masyarakat yang berada di sekitar operasi PTWHW-AR. "Ada beberapa jenis kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan penghasilan masyarakat antara lain fasilitasi kebun sayuran, keramba apung ikan kakap dan udang galah, peternakan hewan -babi- sistem kandang sehat dan peternakan lebah madu hutan," kata Yohanes.
    Ia menjelaskan, implementasi program OVOP ini sudah dijalankan di beberapa dusun yakni Dusun Sei Tengar dengan produk unggulannya yaitu product seafood seperti ikan dan udang yang dibudidayakan di keramba apung. Kemudian, Dusun Sei Gantang dengan produk unggulannya yaitu lebah madu hutan oleh peternak dan tanaman pangan/palawija dan buah-buahan yang dikembangkan oleh petani.
    Lalu, Dusun Kelukup Belantak yang menghasilkan produk unggulan berupa ayam pedaging dan ikanan air tawar, dan Dusun Sukaria dengan produk unggulannya kebun sayuran dan rempah-rempah. "Hasil dari produk-produk unggulan tersebut 60 persen untuk memasok kebutuhan internal PT. WHW-AR sedangkan sisanya dipasarkan kepada masyarakat umum dan perusahaan lainnya," kata Yohanes.
    Sedangkan untuk menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat, PT. WHW juga melaksanakan kegiatan penguatan kelembagaan Kelompok Usaha Bersama (KUB), pendampingan UKM dan koperasi serta pembangunan pasar kuliner desa. Kemudian, PPM PT. WHW-AR juga menyentuh aspek sosial dan budaya melalui kegiatan pengelolaan lingkungan hidup dengan pemanfaatan limbah organik PT WHW-AR untuk diolah menjadi pakan ternak dan pupuk kompos.
    Kegiatan lainnya adalah fasilitasi Sekolah Adat dalam upaya transformasi pengetahuan asli, tradisi lisan, dan kearifan lokal.
   Public Relation PT WHW-AR, Hen Roliya mengungkapkan, salah satu tujuan dari PPM PT. WHW-AR adalah ikut serta mengentaskan kemiskinan warga masyarakat yang tinggal disekitar perusahaan. Melalui kegiatan-kegiatan program pengembangan masyarakat yang dilakukan semenjak bulan Maret 2017 diharapkan pendapatan masyarakat meningkat dan membuka lapangan kerja bagi warga yang menganggur.
    "PT. WHW, melalui Department Community Development berperan sebagai fasilitator, pendamping dan penyuluh program pengembangan ekonomi masyarakat. Balai Penyuluh Pertanian Kendawangan Kabupaten Ketapang juga turut dilibatkan dalam memberikan penyuluhan teknis kepada masyarakat," kata Hen Roliya.
    Dalam setiap program yang dijalankan, PT. WHW-AR melakukannya secara sistimatis dan bertahap. Adapun tahapan yang dilalui antara lain, pertama tahap persiapan sosial/perencanaan partisipatif melalui penyelenggaraan Workshop Perencanaan Komunitas. Kedua, Pembentukan kelembagaan (KUB), ketiga, pelatihan dasar bagi pengurus dan pengelola. Lalu keempat, Pelaksanaan, kelima monitoring dan keenam evaluasi partisipatif.
    "Melalui berbagai tahapan ini diharapkan setiap program dapat memenuhi target capaian yang diinginkan," ujar dia.
   Sementara itu, Kelompok Usaha Bersama Silingan Mandiri, Mesurin mengatakan program Pengembangan Masyarakat PT. WHW-AR sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Dusun Sukaria. "Warga di dusun ini mengolah sisa makanan dari kantin PT. WHW untuk dijadikan pupuk kompos. Selanjutnya kompos tersebut dijadikan pupuk bagi tanaman sayuran," kata Mesurin.
    Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat merupakan bentuk komitmen Perusahaan untuk ikut serta mensejahterakan masyarakat. Berbagai macam jenis kegiatan PPM dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang terdapat di masyarakat. Masyarakat diberikan serangkaian program kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ekonomi serta daya belinya.
   PT. Well Harvest Winning Alumina Refinery adalah perusahaan PMA yang bergerak di bidang pengolahan Smelter Grade Alumina (SGA), kegiatannya banyak bersentuhan dengan warga masyarakat yang tinggal di sekitar operasi  pabrik. Semenjak awal berdiri PT WHW AR berkomitmen untuk membangun hubungan yang harmonis dengan warga disekitar. Salah satunya dengan program kegiatan Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat yang langsung dirasakan manfaatnya oleh warga di dusun-dusun di sekitar lingkungan operasional PT WHW-AR.

Pewarta:

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017