Pontianak (Antara Kalbar) - General Manajer PT Angkasa Pura II cabang Bandara Supadio Pontianak, Bayuh Iswantoro memprediksikan, puncak arus balik mudik Lebaran 2017 di bandara tersebut akan terjadi pada H+7 dan H+8 Lebaran mendatang.

"Kita prediksikan, puncak arus balik Lebaran pada tahun ini, kemungkinan akan terjadi pada H+6 dan H+7 Lebaran. Memang ini berbeda dari tahun lalu, karena untuk tahun ini, libur Lebaran cukup panjang, sehingga masyarakat yang memilih akan melakukan arus balik kemungkinan juga akan lama," kata Bayuh di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengatakan, puncak Arus Balik Bandara Supadio tersebut diperkirakan akan terjadi pada Sabtu dan Minggu nanti.

Ia menjelaskan untuk Arus Balik Mudik pada H+1 di Bandara Supadio kemarin (Rabu, 28/6), masih dalam batas normal dan belum ada pergerakan secara signifikan kenaikan jumlah penumpang.

"Baru pada hari ini, mulai terjadi kenaikan penumpang dan puncaknya pada hari Sabtu dan Minggu," tuturnya.

Bayuh mengatakan, pada saat hari pertama dan kedua hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, arus penumpang di Bandara Supadio Pontianak hanya mencapai angka 11.000. Akan tetapi pada puncak arus mudik H-4, H-3 dan H-2 dengan jumlah pemudik di atas 13.000 orang.

Sedangkan jumlah penumpang arus balik pada H+1 Idul Fitri 1438 H di Bandara Supadio belum dapat dikalkulasi dan baru dapat terdata setelah operasional penerbangan selesai yaitu pada Selasa malam kemarin.

Terkait puncak arus balik Mudik Lebaran tahun 2017 ini, dia mengimbau kepada semua penumpang yang melewati bandara Supadio Pontianak untuk dapat mengikuti segala proses penerbangan dengan tertib.

"Kita minta semua penumpang, tanpa terkecuali dapat mengikuti tahapan pemeriksaan yang ada, mulai dari pemeriksaan, chek in dan bording keberangkatan agar semua prosedur diikuti," kata Bayuh.

(KR-RDO/R010)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017